Nikmatnya Kue Tradisional Minahasa di Pusat Kuliner Airmadidi Minut

Berada di pinggir jalan utama, pusat kuliner favorit ini berdiri puluhan lapak sederhana yang menyediakan panganan tradisional.

Nikmatnya Kue Tradisional Minahasa di Pusat Kuliner Airmadidi Minut
TRIBUNMANADO/FINNEKE WOLAJAN
Pusat jajanan tradisional Minahasa di Pusat Kuliner Airmadidi, Minut. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, TRAVEL - Berwisata ke Sulawesi Utara, rasanya tak lengkap jika tak mencicipi kuliner khas daerah nyiur melambai ini. Selain makanan berat, kuliner ringan seperti kue-kue tradisional siap menggoyang lidah para penikmatnya.

Berlokasi di Kecamatan Airmadidi, tepatnya di jalan raya Manado - Bitung, bak pasar malam, berjejer lapak-lapak yang menyediakan kue-kue tersebut.

Berada di pinggir jalan utama, pusat kuliner favorit ini berdiri puluhan lapak sederhana yang menyediakan panganan tradisional. Namun jenis kue yang disediakan umumnya sama.

Jenis kue tradisional yang bisa ditemui yakni kukis pondang, apang beras, panada, lalampa, cucur, koyabu, kueku, nasi jaha, dodok, kolombeng kukus dan berbagai jenis lainnya.

Per buah, kue-kue ini dihargai Rp 1.750. Di kawasan ini pula melayani pemesanan dalam jumlah besar-besaran. Pengunjung bisa langsung menghubungi para penjual setempat.

Selain menyediakan kue basah, para penjual di kawasan ini juga menyediakan kue kering sebagai oleh-oleh. Harganya pun bervariasi mulai dari Rp 30 ribu - Rp 100 ribu per bungkusnya.

Itu tergantung ukuran dan jenis kue yang akan diambil. Kue kering sendiri memang menjadi primadona para pelancong dari luar Sulawesi Utara untuk dibawa pulang ke daerah asal.

Wisatawan mungkin akan bertanya-tanya, kue seperti apa yang dijual para pedagang ini. Semisal kue koyabu. Kue ini terbuat dari kelapa yang dicampur tepung. Di dalamnya ditaruh gula merah, kemudian dibungkus dengan daun pandan lalu dikukus.

Dijamin, kue-kue tradisional ini akan memberi cita rasa yang tak kalah dengan kue-kue internasional. Kue-kue ini terbuat dari adonan yang sederhana, yang menggunakan hasil alam setempat, semisal kelapa.

Johny, salah seorang pembeli mengaku sebagai pelanggan resmi di kawasan kuliner tersebut.

Halaman
12
Penulis: Finneke
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved