Jamsostek

Jamsostek Menggelar Sosialisasi Hak Pekerja Informal

Kegiatan ini agar organisasi sosial se Sulut dapat mengetahui hak-hak yang dimilikinya.

Editor:
Laporan wartawan Tribun Manado Deffriatno Neke

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - PT Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek) melaksanakan kegiatan sosialisasi program jamsostek tenaga kerja Luar Hubungan Kerja (LHK) Asuransi Kesejahteraan Sosial (Askesos). Kegiatan ini agar organisasi sosial se Sulut dapat mengetahui hak-hak yang dimilikinya.

"Perlu diketahui ini sudah ada dari dulu yang diperuntukan untuk memberikan perlindungan kepada pekerja informal," kata Kepala Cabang PT Jamsostek Manado, Rudy Yunarto saat jumpa pers di Kantornya, Selasa (4/12/2012).

Rudy menjelaskan program sosialisasi ini diselenggarakan di seluruh indonesia melalui dinas propinsi.Dalam kegiatan tersebut diikuti peserta dari tenaga kerja LHK yang berusia maksimal 55 tahun.

"Hak-haknya sama seperti peserta jamsostek lainnya. Mereka pekerja informal dari berbagai latar belakang kegiatan seperti tukang ojek, les bengkel dan lainnya juga bisa mendapatkan Jaminan Kecelakaan Kerja dan jaminan kematian," ujarnya.

Jumlah tenaga kerja informal yakni sebanyak 9928 tenaga kerja di Sulut, dalam kegiatan tersebut diikuti berbagai organisasi sosial di sulut. Program sosialisasi tersebut juga dihadiri Kepala Dinas Sosial Propinsi, Anwar Panawar dan Kepala Bidang pengawasan Dinas Tenaga Kerja Sulut, Supartoyo.

"Dengan terselenggaranya kerja sama pelaksanaan LHK askesos ini sebagai bukti kepedulian pemerintah terhadap perlindungan tenaga kerja informal," ucap Rudy.

Rudy berharap dengan kegiatan ini dapat meningkatkan  jumlah pekerja di sektor informal yang mendapatkan perlindungan program jaminan sosial.  Hal ini telah diatur dalam UU nomor 40 tahun 2004 tentang sistem jaminan sosial nasional dan mendukung proses transformasi Jamsostek menjadi BPJS di tahun 2015.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved