Yasti Beberkan Alasan Pemindahan RKUD Bolmong

Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong), Yasti Soepredjo Mokoagow, membeberkan alasan pemindahan Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) dari Bank SulutGo ke BNI

Yasti Beberkan Alasan Pemindahan RKUD Bolmong
ist
Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong), Yasti Soepredjo Mokoagow 

Yasti Beberkan Alasan Pemindahan RKUD Bolmong 

TRIBUNMANADO.CO.ID,LOLAK – Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong), Yasti Soepredjo Mokoagow, membeberkan alasan pemindahan Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) dari Bank SulutGo ke BNI.

Apa alasan Bupati Yasti memindahkan RKUD Bolmong ke BNI?

Yasti mengungkapkan beberapa kelemahan di Bank SulutGo, sehingga dia mengambil kebijakan RKUD harus dipindah. Regulasi yang menjadi acuan pemindahan RKUD berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 dan Permendagri jelas mengatur bahwa Gubernur, Bupati dan Walikota diberikan kewenangan untuk menempatkan RKUD di bank yang sehat.

Baca: Orang Terdekat Syahrini Bocorkan Tanggal Pernikahan Incess dan Reino Barack: Tinggal Hitung Hari!

Ibu Bupati, adakah alasan lain pemindahan RKUD ke BNI?

Sebagai bupati, tentu melihat apakah bank SulutGo bisa kompetitif di dalam bisnisnya atau tidak. RKUD berdasarkan UU Nomor 12 diatur bahwa gubernur/bupati/walikota diberikan kewenangan untuk menempatkan dana di bank yang sehat dengan prinsip-prinsip bisnis.

Baca: Bupati Sitaro Gagal Kunjungi Pengungsi Gunung Karangetang yang Terisolasi di Kampung Batubulan

Adakah penyebab lainnya?

Ya benar, pada tahun 2017 lalu Bank SulutGo yang membuat Pemkab Bolmong mendapat opini disclaimer dari BPK, karena rekening koran atau RC yang ada di bank SulutGo berbeda dengan data keuangan Pemkab Bolmong.

Tak hanya itu, Juli 2018 saat launching pembayaran PBB online, ada perbedaan Nomor Objek Pajak (NOP) Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) Pemda Bolmong dengan bank SulutGo. Masalah ini harusnya bisa terselesaikan, tapi karena Bank SulutGo tidak membuka akses dan tidak pernah memberikan informasi kepada Pemkab, yah begini jadinya.

Baca: Ada 17 SMP di Boltim Belum Miliki Komputer, Simulasi UNBK Gunakan Komputer Rusak yang di Servis

Kerugian apa yang didapat Pemkab saat itu?

Halaman
12
Penulis: Maickel_Karundeng
Editor: Chintya Rantung
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved