Gaet Pelanggan, Pertarungan Sengit Bisnis 'E-Payment' dengan Beragam Promo

Sebagai salah satu bentuk dari transformasi digital industri keuangan, e-payment atau uang elektronik kini sedikit lebih sudah mulai banyak digemari

Gaet Pelanggan, Pertarungan Sengit Bisnis 'E-Payment' dengan Beragam Promo
kompas.com
Ilustrasi QR Code 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Go-Pay dan OVO saat ini sedang gencar-gencarnya menawarkan berbagai promo sebagai bagian dari strategi untuk menggaet pelanggan. 

Sebagai salah satu bentuk dari transformasi digital industri keuangan, e-payment atau uang elektronik kini sedikit lebih sudah mulai banyak digemari oleh masyrakat, terutama mereka yang berada di kota-kota besar.

Go-Pay yang terbentuk 2016 lalu yang masuk ke dalam ekosistem Go-Jek saat ini sudah ada 200.000 rekan usaha yang menerima pembayaran melaiui Go-Pay, termasuk didalamnya adalah 20.000 lebih mitra usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Baca: Google Prediksi Ekonomi Digital Indonesia Akan Tumbuh Empat Kali Lipat

Tiga kali sudah Go-Pay menggelar promosi bertajuk Go-Pay Pay Day setiap penghujung bulan di 3 bulan terakhir ini yakni September, Oktober dan November 2018. Go-Pay mengakui, dari setiap gelaran masyarakat kian tertarik dengan penawaran yang disuguhkan.

“Pada Go-Pay Pay Day kali ini, pengguna dapat menikmati promo cashback 50 persen di 36 rekan usaha yang mempunyai lebih dari 2.000 outlet di seluruh Indonesia, mulai dari promo di rekan usaha kuliner, non-kuliner, rekan usaha online hingga layanan Go-Jek,” ujar Managing Director Go-Pay Budi Gandasoebrata di Jakarta, Senin (26/11/2018).

Gelaran Go-Pay Pay Day kali ini menghadirkan penawaran yang lebih besar yakni selama 4 hari dari 27-30 November 2018. Go-Pay pun mencatat, beberapa merchant yang turut bergabunh pun mengalami kenaikan transaksi yang signifikan.

Baca: Ahok Dikabarkan Bakal Gabung ke PDIP, Sandiaga: Dia Sahabat Saya Lama

Selanjutnya adalah OVO. Mirip dengan kompetitornya, OVO pun menawarkan berbagai promo menarik untuk menggaet pelanggan. Mengusung tema Promo Gajian OVO Pay Day, konsumen bisa menikmati cashback hingga 60 persen di 10 merchant dan 647 outlet yang ada jika bertransaksi dengan aplikasi ini.

"Untuk promo gajian 60 persen OVO, ada 10 merchant yang berpartisipasi yakni Sour Sally, Auntie Anne's, Baso A Fung, Chapayom, D'Cost, Miniso, Shihlin, Tous les Jours, Maxx Corner dan GrabFood," ujar Head of Public Relation OVO Sinta Setyaningsih kepada Kompas.com, Selasa (27/11/2018).

Sinta melanjutkan, promo yang digelar OVO ini sudah berlangsung dua kali, dimana tiap kali gelaran jumalh merchant bertambah. Selain itu, konsumen juga bisa menikmati promo membeli jajajan lewat UMKM dengan memesan GrabFood.

Baca: Kasmaran, Album Terbaru yang Akan Dirilis Jubing Kristianto

"Dengan promo di GrabFood, UMKM juga ikut menjadi salah satu pilihan. Untuk saat ini, sudah ada 89.000 UMKM yang ada di dalam ekosistem OVO," papar dia.

Sementara itu, menurut ekonom Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Bhima Yudhistira Adhinegara mengatakan, persaingan ini tentunya tidak akan ada perebutan konsumen yang signifikan karena pasar soal pembayaran menggunakan e-payment pun masih bertumbuh.

"Sekarang Go-Pay dan OVO kejar-kejaran di QR Kode UMKM dan warung mikro. Menurut saya tidak ada perebutan konsumen karena pasarnya baru tumbuh belum jenuh," jelas Bhima ketika dihubungi Kompas.com.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pertarungan Sengit "E-Payment" Tawarkan Beragam Promo Akhir Bulan"

Editor: Hans Koswara Widjaya
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved