Pemkab Sitaro Gelar Monitoring dan Evaluasi Program Jampersal Rumah Tunggu Kelahiran

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sitaro menggelar kegiatan monitoring dan evaluasi program Jampersal rumah tunggu kelahiran

Pemkab Sitaro Gelar Monitoring dan Evaluasi Program Jampersal Rumah Tunggu Kelahiran
Tribun manado / Jhonly Kaletuang
Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sitaro menggelar kegiatan monitoring dan evaluasi program Jampersal rumah tunggu kelahiran di Kabupaten Kepulauan Sitaro, di auditorium Kantor Bupati Sitaro, Selasa (23/10/2018) 

TRIBUNMANADO.CO.ID, SIAU - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sitaro menggelar kegiatan monitoring dan evaluasi program Jampersal rumah tunggu kelahiran di Kabupaten Kepulauan Sitaro, di auditorium Kantor Bupati Sitaro, Selasa (23/10/2018).

Kegiatan yang dibuka oleh Sekretaris Daerah Herry Bogar yang mewakili Bupati Sitaro, menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan langkah strategis sebagai kontrol terhadap pelaksanaan program jaminan persalinan bagi ibu dan anak di negeri 47 pulau ini.

"Program Jampersal rumah tunggu kelahiran merupakan salah satu kebijakan pemerintah sebagai upaya untuk mendekatkan akses layanan kesehatan serta mencegah terjadinya risiko pada ibu hamil, ibu bersalin, ibu nifas dan bayi baru lahir, terutama di daerah yang aksesnya jauh dari pusat layanan kesehatan," terang Bogar, Selasa (23/10/2018).

Baca: Hujan Mulai Turun di Sitaro, Namun BPBD Masih Berlakukan Darurat Kekeringan

Lanjut dia, rumah tunggu kelahiran ini bukan sekedar ruang tunggu, melainkan tempat tinggal sementara bagi ibu hamil yang akan melahirkan hingga nifas, termasuk bagi bayi yang dilahirkan bersama pendamping (suami, keluarga, kader kesehatan) yang diyakini akan meminimalisir angka kematian ibu dan anak.

"Karena mereka telah dekat dengan fasilitas kesehatan, sehingga dapat segera mungkin mendapatkan pelayanan oleh petugas atau kader kesehatan," lanjut Bogar.

Namun, berkaitan dengan program jampersal RTK ini, secara jujur Sekda mengatakan, sesuai amatan, masih ada ibu hamil, ibu melahirkan atau ibu nifas yang belum mengetahui manfaat program Jampersal ini.

"Olehnya diharapkan dapat terus proaktif menyosialisasikan, memgedukasi serta terus menerus menumbuhkan kesadaran masyarakat akan kemanfaatannya," terang Sekda.

Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Kapolsek dan Danramil se-Sitaro, Camat se-Sitaro, Lurah se-Sitaro, Kapitalau se-Sitaro, dan juga para kapus s- Sitaro. (Oly)

Penulis: Jhonly Kaletuang
Editor: David_Kusuma
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved