TNI Berperan Aktif Sukseskan Swasembada Pangan

TNI melalui Babinsa 1303-06 Pinolosian dituntut untuk berperan aktif membantu petani mensukseskan program swasembada pangan bersama di desa binaan

TNI Berperan Aktif Sukseskan Swasembada Pangan
TRIBUNMANADO/FELIX TENDEKEN
Berlangsungnya kegiatan menanam padi bersama Babinsa di Desa Deaga 

Liputan Wartawan Tribun Manado, Felix Tendeken

MOLIBAGU, TRIBUNMANADO.CO.ID - Tentara Nasional Indonesia (TNI) melalui Bintara Pembina Desa (Babinsa) 1303-06 Pinolosian di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) dituntut untuk berperan aktif membantu petani mensukseskan program swasembada pangan bersama di desa binaan.

Hal tersebut dilakukan oleh Serda I Gede Sujana, turun ke dalam persawahan membantu petani di Desa Deaga dengan menanam padi jenis serayu diatas lahan seluas 1 hektare milik Ismail Lasabuda yang merupakan anggota kelompok tani (poktan) “Ibadik Aruman Jaya” Kecamatan Pinolosian Tengah (Pinteng).

“Kegiatan ini sudah berlangsung sejak Sabtu (13/10/18). Kami ingin agar program berbasis kemasyarakatan ini seukses sebagaimana mestinya,” jelas Sujana, sapaan akrabnya Minggu (14/10).

Diharapkan kehadiran Babinsa dapat memotivasi para petani kemudian bersama-sama meningkatkan hasil pertanian untuk mewujudkan swasembada pangan yang dicanangkan oleh pemerintah di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Ini adalah wujud kepedualian TNI AD dan instruksi Plh Danramil 1303 06-06 Pinolosian, sehingga program tersebut dapat terwujud,” jelasnya.

Sementara itu Plh Danramil Pelda Junil Tehalu, memberi pesan kepada para Babinsa agar memiliki jiwa besar dan tidak ragu-ragu membantu petani menanam padi dan masuk ke dalam persawahan.

“Babinsa harus turun langsung membaur bersama petani membajak sawah. Membantu dalam menyiapkan lahan, mengontrol tahap pertumbuhan sampai panen,” jelasnya.

Babinsa sendiri di dorong untuk mampu memotivasi dan membina petani dalam bercocok tanam bila perlu bekerjasama dengan penyuluh pada instansi terkait.

“Terima kasih kepada bapak Babinsa yang membantu dan memotivasi dalam kegiatan pertanian. Semoga hasil pertanian akan lebih baik dan meningkat lagi dari tahun sebelumnya,” harap Lasabuda pemilik lahan. 

Penulis: Felix Tendeken
Editor: Ferra Faradila Rizki Sahibondang
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help