150 WNA Tanpa Dokumen di Bitung Ikut Tes Wawasan Kebangsaan untuk jadi WNI

150 Warga Negara Asaing (WNA) yang tak memiliki dokumen di Kota Bitung mengikuti tes wawasan kebangsaan

150 WNA Tanpa Dokumen di Bitung Ikut Tes Wawasan Kebangsaan untuk jadi WNI
TRIBUNMANADO/CHINTYA RANTUNG
Tes wawasan kebangsaan dilakukan kepada para warga tanpa dokumen di Kota Bitung sebagai syarat untuk menjadi warga negara Indonesia (WNI). 

TRIBUNMANADO.CO.ID -- 150 Warga Negara Asaing (WNA) yang tak memiliki dokumen di Kota Bitung mengikuti tes wawasan kebangsaan untuk menjadi warga negara Indonesia (WNI).

Kepala Bagian (Kabag) Hukum Meiva Woran Jumat (7/9/2018) menjelaskan, setelah hari pertama yaitu pendataan selanjutnya ada tes diantaranya wawasan kebangsaan sebagai salah satu bagian pemverifikasian.

Dikatakannya, ini sebenarnya kewenangan Kementrian Hukum dan Ham (Kemenkumham) tapi karena penduduk di Bitung jadi kami pemkot harus memfasilita sebab dalam hal ini bagian hukum pemerintah kota Bitung.

Baca: Kota Bitung Kekurangan 500 Guru SD dan SMP

"Berdasarkan laporan masuk dari kelurahan, ada sekitar dua ribuan. Tapi yang benar-benar bermukim di Kota Bitung hanya 499 orang.  Data warga akan di kirim ke Kemenkumham. Selanjutnya yang lolos verifikasi dokumen hanya 150 orang," ungkapnya pada Jumat (7/9/2018)

"Semestinya yang berhak mengikuti verifikasi lapangan saat ini hanya ke 150 orang tersebut.
Atas permohonan pemerintah Kota Bitung, maka dari pihak Kemenkumham menyetujui untuk mereka yang telah terdaftar dapat langsung mengikuti verikasi. Dengan syarat, yang bersangkutan harus ada," sebut Woran.

Baca: Pemkot Bitung Lepas Peserta Diklat BST KLM Pelra

Lanjutnya, setelah ini tinggal menunggu penetapan kewarganegaraan nantinya akan diputuskan oleh Kemenkumhan apakah lulus atau tidak.

"Jika nantinya status kewarganegaraan sudah jelas dan sudah di tangan pemkot, maka kami akan mengusulkan agar untuk penyerahan dokumen nantinya bertepatan dengan HUT Kota Bitung," katanya

Dia berharap semua yang mengikuti verifikasi lapangan saat ini dapat lulus karena pemerintah Kota Bitung sangat peduli dengan keadaan pemukim tanpa dukomen sehinggga terus berusaha memfasilitasinya.

Penulis: Chintya Rantung
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help