Disdukcapil Bolmong Siap Launching KIA

Rencanannya, 25 ribu blangko KIA akan dilauncing oleh Bupati Yasti. Waktunya masih disiapkan menyesuaikan agenda Bupati.

Disdukcapil Bolmong Siap Launching KIA
TRIBUNMANADO/MAICKEL KARUNDENG
Kadis Disdukcapil Bolmong, Iswan Gonibala 

Laporan Wartawan Tribun Manado, Maickel Karundeng

TRIBUNMANADO.CO.ID, LOLAK - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) akan melakukan launching 25 ribu Kartu Identitas Anak (KIA) dalam waktu dekat.

“Rencanannya, 25 ribu blangko KIA akan dilauncing oleh Bupati Yasti. Waktunya masih disiapkan menyesuaikan agenda Bupati," ujar Kepala Disdukcapil Bolmong Iswan Gonibala, Senin (20/8.2018).

Iswan menambahkan, untuk awalnya ada sekitar 5.000 blanko yang diprioritaskan bagi pendidikan anak usia dini sampai sekolah menengah pertama.

Ia mengatakan, untuk perekaman akan dilakukan secara menyeluruh, mulai dari tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan kelas 1 Sekolah Menengah Atas (SMA) serta Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

“KIA digunakan bagi anak-anak yang berusia 0–16 tahun, dan akan segera dilakukan perekaman ke semua sekolah,” ujarnya.

Untuk tahun depan, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan pihak Dinas Pendididkan (Disdik) Bolmong agar nanti KIA menjadi salah satu persyaratan anak-anak untuk mendaftar sekolah.

“Rencannanya tahun depan kami akan berkordinasi dengan pihak Disdik Bolmong. Agar KIA menjadi salah satu persyaratan untuk mendafter ke sekolah,” terang Iswan.

Ia menjelaskan, KIA merupakan dokumen kependudukan. Kartu tersebut akan berfungsi dan bermakna sama seperti KTP pada orang dewasa. Setiap pribadi memiliki dokumen kependudukannya sendiri sehingga identitas dirinya sah secara hukum.

"Dokumen tersebut diperlukan untuk kebutuhan pengurusan sekolah anak, pengurusan keimigrasian dan pengurusan pelayanan kesehatan melalui BPJS serta transaksi keuangan yang melibatkan kepentingan anak,” ungkap Iswan.

Keberadaan KIA bagi setiap anak dapat dimanfaatkan juga terutama untuk pendaftaran anak-anak sekolah, bimbingan belajar dan lain sebagainya. "Ke depan nanti pihak-pihak yang akan berhubungan dengan urusan pelayanan publik terhadap anak-anak, diharapkan dapat ikut menggaungkan pentingnya penggunaan KIA," terang Iswan.

Terpisah, Christy satu diantara warga Passi berkata program pemerintah terkait KIA sangat bagus bagi anak-anak.

"Dengan adanya KIA, anak-anak memiliki data lengkap dan bermanfaat tentunya," katanya.

Penulis: Maickel_Karundeng
Editor: Siti Nurjanah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved