Bitung Sulawesi Utara

Bitung Sulawesi Utara Resmi Jadi Kota Kreatif Kuliner Indonesia Tahun 2022, Ini Daerah Lainnya

Bitung dinobatkan sebagai salah satu KaTa Kreatif Indonesia 2022. Tahun depan, akan ada pendampingan dari Kemenparekraf RI.

Tribunmanado.co.id/HO
Bitung, Sulawesi Utara, jadi salah satu Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia 2022. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, BITUNG – Kabar gembira, Kota Bitung, Sulawesi Utara, di bawah kepemimpinan Maurits Mantiri dan Hengky Honandar ditetapkan sebagai Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kreatif) Indonesia Tahun 2022.

Informasi ini sebagaimana disampaikan Dinas Pariwisata Kota Bitung.

Setelah melalui proses seleksi yang sangat ketat dan diikuti oleh 51 kabupaten/kota se-Indonesia, Bitung menjadi salah satu KaTa Kreatif Indonesia bersama delapan kota/kabupaten lainnya.

“Kami tinggal menunggu salinan surat keputusannya, pasca ditetapkannya Kota Bitung menjadi Kabupaten/Kota Kreatif Kuliner Indonesia tahun 2022,” kata Kepala Bidang Industri dan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Bitung, Altin Tumengkol, Jumat (8/12/2022).

Altin menjelaskan, proses penilaian KaTa Kreatif Kuliner Indonesia 2022 didahului dengan turun lapangan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekref) RI awal tahun 2022.

Kemudian berlanjut dengan rangkain kegiatan yang menjadi bagian tak terpisahkan dari proses penilain.

Lanjut Altin, sebagaimana pemberitahuan yang diterima, berisi tentang informasi bahwa seluruh rangkaian proses kegiatan penetapan KaTa Kreatif Indonesia Tahun 2022 telah selesai. 

Tim penilai telah melakukan proses seleksi dan validasi terhadap isian borang serta video dari seluruh kabupaten/kota peserta seleksi pada tanggal 21-29 November 2022.

Kemudian, sebagai tahap akhir telah terbit Surat Keputusan Menparekraf/Kepala Baparekraf nomor SK/84/DI.01.00/MK/2022 tanggal 8 Desember 2022 tentang Penetapan Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia Tahun 2022, terhadap sembilan kabupaten/kota.

Untuk itu, pihaknya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya, dan ucapan terima kasih atas kesediaan kepala daerah dan tim untuk mengikuti rangkaian kegiatan ini.

Baca juga: Erick Thohir Populer di Millennial, Jadi Cawapres Paling Potensial dari Kalangan Sipil & Non Parpol

Baca juga: Kemenag Bolmong Sulawesi Utara Gelar Percepatan Digitalisasi Data Layanan KUA Tingkat Kabupaten 2022

Selanjutnya menuruta Altin, di tahun 2023 nanti akan ada pendampingan dari Tim Kemenparekraf untuk Kota Bitung.

“Adapun unggulan kuliner Bitung tentu saja ikan yakni tuna, cakalang, dengan menu shasimi, dada tuna, rahang tuna, serta gohu ikan dan nasi jaha cakalang yang sudah secara resmi didaftarkan di Hak Kekayaan Komunal Kota Bitung,” jelas Altin lagi.

Berikut daftar sembilan KaTa Kreatif Indonesia Tahun 2022:

1. Kab. Bantul (kriya) 

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved