Bursa Capres

Ini Ungkapan Sekjen PDIP, Ketika Zulkilfli Hasan Sebut Ganjar Pranowo Pantas Jadi Capres PAN

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto merespons perihal pernyataan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan atau Zulhas

Editor: Aswin_Lumintang
Tribunnews.com/Chaerul Umam
Zulkifli Hasan, Ketua Umum PAN 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto merespons perihal pernyataan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan atau Zulhas yang menyebut Ganjar Pranowo pantas untuk jadi calon presiden (capres) partainya di 2024.

 
 Hasto Kristiyanto mengatakan, saat ini banyak pihak yang melihat capres dan cawapres hanya karena urusan elektoral semata.

"Saat ini memang banyak pihak yang kemudian seperti tadi yang kita bahas melihat capres-cawapres hanya dari aspek elektoral semata. Bahkan kemudian ya juga untuk mendapatkan coattail effect," kata Hasto Kristiyanto kepada Tribunnews.com saat ditemui di Gedung Menara Kompas, Jakarta, Senin (5/12/2022).

Sekertaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto.
Sekertaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. (Lusius Genik/Tribunnews.com)

Sementara di sisi lain, Hasto menyebut pemimpin setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mendapatkan banyak tantangan.

Karenanya, ia menegaskan partai politik (parpol) harus menyiapkan pemimpin yang mumpuni, kuat secara ideologi, punya pengalaman, kinerja, dan rekam jejak yang baik.

Baca juga: Cewek Asal Bitung Sulawesi Utara Queen Tangkilisan Yakin Neymar Jr Bawa Brasil Juara Dunia

Baca juga: Modus Pinjaman Online Ilegal di Manado Sulawesi Utara, Kantor Digrebek dan Dua Tersangka Ditangkap

"Dan juga pemimpin yang mampu mengemban tanggung jawab bagi masa depan negara," ujar Hasto.

Lebih lanjut, Hasto mengingatkan pentingnya etika politik bagi semua pihak dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

"Bahwa kita negara demokratis pihak-pihak bisa menyampaikan pendapat itu dihormati oleh PDIP," ucap dia.

Ia menuturkan terkait urusan capres dan cawapres ada mekanisme dan tahapannya yang harus disepakati bersama.

Hasto mengungkapkan PDIP memiliki mekanismenya sendiri, yakni urusan capres dan cawapres ada di tangan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Itu sebagai bagian dari aturan main sehingga seharusnya di dalam menjaga aturan main ini kita jaga dengan sebaik-baiknya. Dan bagi PDIP sendiri capres dan cawapres akan diumumkan pada momentum yang tepat oleh Ibu Megawati Soekarnoputri," imbuhnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Zulkifli Hasan Sebut Ganjar Pranowo Pantas Capres PAN, PDIP Singgung Coattail Effect, https://www.tribunnews.com/mata-lokal-memilih/2022/12/06/zulkifli-hasan-sebut-ganjar-pranowo-pantas-capres-pan-pdip-singgung-coattail-effect.

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved