Berita Bitung

Apa Itu Vessel Automatic Weather Station? Dipasang BMKG di Sejumlah Kapal di Bitung Sulawesi Utara

ejumlah alat pengamat cuaca otomatis bernama vessel automatic weather station dipasang oleh BMKG

Penulis: Alpen Martinus | Editor: Alpen Martinus
meteonusantara
vessel automatic weather station 

TRIBUNMANADO.CO.ID- Sejumlah alat pengamat cuaca otomatis bernama vessel automatic weather station dipasang oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sulut melalui Stasiun Maritim Bitung.

Mereka melakukan pemasangan instalasi di beberapa kapal.

“Sudah kami lalukan beberapa hari kemarin, di antaranya sejumlah kapal motor penyeberangan (KMP) dalam perjalanan dari Melonguane ke Bitung,” kata Andi Cahyadi Kepala Stasiun Maritim Bitung, Minggu (4/12/2022).

Baca juga: BMKG Sulawesi Utara Pasang Alat Ini di Kapal Motor Penyeberangan Rute Bitung dan Sekitarnya

Stasiun Maritim Bitung memasang instalasi alat pengamat cuaca otomatis atau vessel automatic weather station di kapal rute pelayaran Bitung dan sekitarnya.
Stasiun Maritim Bitung memasang instalasi alat pengamat cuaca otomatis atau vessel automatic weather station di kapal rute pelayaran Bitung dan sekitarnya. (Tribunmanado.co.id/Istimewa)

Andi menjelaskan, pemasangan alat itu dalam rangka menunjang keselamatan pelayaran bagi kapal-kapal dari Pelabuhan Bitung menuju beberapa wilayah perairan di Sulawesi dan Maluku serta merapatkan jejaring pengamatan cuaca di laut.

Selain itu, Stasiun Maritim Bitung juga melepaskan drifter. 

Kegiatan tersebut bekerjasama dengan Kantor Cabang ASDP Bitung selaku operator pelabuhan penyeberangan di wilayah Sulawesi Utara.

Kegiatan juga didukung oleh Kebijakan Kepala Kantor BPTD (Balai Pengelola Transportasi Darat) Wilayah XXII Sulawesi Utara selaku regulator kegiatan angkutan penyeberangan di wilayah Sulawesi Utara.

Baca juga: Peringatan Dini Besok Senin 5 Desember 2022, BMKG: 29 Wilayah Patut Waspada Potensi Cuaca Ekstrem

Pemasangan VAWS dilakukan pada dua kapal yaitu KMP Dalente Woba rute Bitung – Ternate dan KMP Labuhan Haji rute Bitung – Melonguane.

Sedangkan kegiatan pelepasan drifter dilakukan di wilayah perairan laut Maluku dalam rangka mempelajari pola arus di wilayah tersebut. 

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 23–29 November 2022 melibatkan tim BMKG Maritim Bitung dan mitra kerja BMKG yaitu PT CLS Indonesia.

Baca juga: Gempa Terkini Guncang Yogyakarta Minggu 4 Desember 2022, Info BMKG Magnitudonya

Apa itu vessel automatic weather station?

Dilansir dari meteronusantara, automatic Weather Station atau Stasiun cuaca adalah seperangkat alat atau instrumen yang digunakan untuk mengamati kondisi atau perubahan cuaca, iklim dan atmosfer di suatu wilayah dan merekamnya kedalam bentuk data.

Setelah direkam, data tersebut disimpan kedalam data logger dan selanjutnya untuk dipelajari oleh pengguna atau peneliti. Singkatnya, alat ini adalah alat pengukur cuaca.

Komponen

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved