Selain Software Presensi Online, Ini Jenis Mesin Presensi Lainnya

Berikut adalah penjelasan tentang mesin presensi online yang bermanfaat bagi perusahaan.

DOK. Humas Mekari
Ilustrasi aplikasi presensi atau presensi online. 

TRIBUNMANADO.co.id – Presensi merupakan daftar hadir yang berguna untuk mengetahui jumlah anggota atau tenaga kerja saat bekerja.

Presensi menjadi hal penting bagi perusahaan karena menjadi tolak ukur kedisiplinan dan salah satu faktor yang digunakan saat penetapan gaji.

Perkembangan metode presensi kini mengalami banyak perkembangan. Paling baru, presensi saat ini bisa dilakukan melalui software presensi online.  

Teknologi presensi online pun hadir membantu perkembangan dalam perusahaan yang menerapkannya.

Apa saja perkembangan alat presensi dan apa manfaat software presensi online? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Mengenal perkembangan alat presensi

Alat presensi kini semakin banyak sekali mengalami perkembangan teknologi. Berikut perkembangan teknologi presensi dari dulu hingga kini.

1. Ceklok

Teknologi presensi dimulai dari mesin ceklok. Alat presensi melakukan pencatatan dengan memasukan kartu di bagian lubangnya. Saat kartu dimasukan pekerja, akan ada informasi waktu ketika melakukan presensi.

Harga mesin ceklok yang terjangkau membuat mesin ini banyak digunakan di perusahaan maupun instansi dan sekolah pada zaman dulu.

2. Presensi digital

Sebelum ada software presensi online yang lebih sederhana dan banyak fiturnya, mesin presensi digital adalah cara presensi yang hadir untuk memperbaiki kekurangan alat ceklok.

Mesin presensi ini sudah menerapkan teknologi di dalamnya, yaitu menginput nomor dan data diri serta password.

Lewat teknologi pada mesin ini, data presensi akan tersimpan otomatis sehingga tidak perlu melakukan pencatatan secara manual.

3. Presensi magnetic card

Pada perkembangannya, keberadaan mesin absen digital kurang efisien karena harus menginputkan nomor dan sandi terlebih dulu.

Untuk itu, hadirlah mesin presensi magnetic card dirancang untuk memudahkan pekerja tanpa perlu menginputkan nomor atau sandi. 

Banyak jenis card yang biasa di mesin presensi magnetic ini. Setidaknya ada tiga jenis presensi magnetic card, yaitu barcode, magnetic stripe, dan RFID card.

4. Presensi GPS

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved