Minsel Sulawesi Utara

Warga Berburu Daging Patola dan Paniki di Pasar Berdikari Tumpaan Minsel Sulawesi Utara

Menjelang perayaan hari Pengucapan Syukur suasana di pasar Berdikari Tumpaan Minsel Sulawesi Utara dibanjiri pengunjung.

Penulis: Manuel Mamoto | Editor: Chintya Rantung
Isak/Tribun Manado
Suasana di pasar berdikari Tumpaan Minsel Sulawesi Utara ramai dikunjungi warga yang sedang berburuh daging jelang hari raya pengucapan syukur 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Menjelang perayaan hari Pengucapan Syukur secara serentak di Sulawesi Utara pada hari Minggu (25/9/2022) besok, Suasana di pasar Berdikari Tumpaan dibanjiri pengunjung.

Pantauan Tribun Manado hari ini, Sabtu (24/9/2022), suasana dipasar Berdikari Tumpaan jauh lebih ramai dari hari-hari sebelumnya.

Hal ini disebabkan oleh banyak masyarakat yang merayakan hari pengucapan syukur.

Para pengunjung pasar ini bukan hanya dari sekitar wilayah Tumpaan raya saja tapi banyak juga yang berasal dari luar Tumpaan.

Seperti Kaneyan, Wawona, Popareng, Pondang, Tumaluntung, Malenos, Ribet, Kota Menara bahkan ada yang dari Kawangkoan Minahasa.

Padatnya pengunjung dipasar Tumpaan sampai nyaris tidak ada tempat lagi untuk parkiran.

Daging hewan ekstrem menjadi salah satu daya tarik di pasar Tumpaan, selain sayur pangi, daun nasi dan bambu nasi jahe yang wajib ada diperayaan hari pengucapan syukur.

"Sudah menjadi tradisi dikeluarga kami kalau hari pengucapan biasanya tersedia menu olahan daging ular patola, paniki santan dan ikan babi hutan garo selain sayur pangi, nasi jaha dan dodol. Kebetulan di pasar Tumpaan tersedia bahan-bahannya, " kata Sherli warga desa Kaneyan.

Onal pedagang daging ular Piton/Patola dan babi hutan serta kelelawar/paniki hari ini bisa jual daging patola sebanyak 100 kilogram.

"Tadi pagi saya bawa daging patola sekitar seratus kilogram dan saat ini tinggal tersisa beberapa kilo lagi. Untuk daging patola dijual dengan harga 50.000 rupiah /kilo, sedangkan babi hutan cuma 40.000 per kilo dan untuk daging paniki dijual dengan harga 80.000 rupiah per kilonya, "ujar Onal.

Fonda salah satu pedagang daging di pasar Tumpaan berkata kalau hari ini dia memotong babi sekitar dua puluh ekor yang di jual dengan harga 60.000 rupiah per kilogram.

"Biasanya hanya potong 5 sampai 7 ekor babi sehari tapi hari ini bisa sampai 20 ekor karena pasar panas banyak yang merayakan hari pengucapan, " kata Fonda.

Perayaan hari pengucapan syukur di kabupaten Minahasa Selatan biasanya dilakukan pada bulan Juli namun pada tahun ini dirayakan pada bulan September sekaligus memperingati HUT Provinsi Sulawesi Utara ke 58 pada tanggal 25 September 2022. (Isak)

Baca juga: Promo, Beli Jersey dan Merchandise Sulut United, Gratis Tiket Laga SU vs Persewar

Baca juga: Pengucapan Serentak 25 September 2022, Gubernur Sulawesi Utara: Bersyukur di Rumah Masing-masing

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved