Pilpres 2024

Sandiaga Uno Kuda Hitam di Pilpres 2024, PPP dan PKS Nyatakan Tertarik

Mudah, enerjik dan sudah pengalaman kerja di pemerintahan membuat nama Sandiaga Uno perlahan tapi pasti

Editor: Aswin_Lumintang
Tribunnews.com
Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA -  Mudah, enerjik dan sudah pengalaman kerja di pemerintahan membuat nama Sandiaga Uno perlahan tapi pasti mulai menarik perhatian partai poilitik.

Setidaknya ada dua partai politik  yakni PPP dan PKS yang menyatakan ketertarikan dengan figur Sandiaga Uno yang kini menjabat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Terkini Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyatakan memiliki komunikasi dengan politisi berlatar belakang pengusaha ini.

Menteri Pariwisata Dan Industri Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno di Likupang Minahasa Utara (Minut) Sulawesi Utara (Sulut).
Menteri Pariwisata Dan Industri Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno di Likupang Minahasa Utara (Minut) Sulawesi Utara (Sulut). (Tribun Manado)

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI (Menparekraf) Sandiaga Uno mengaku memiliki hubungan yang baik dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Hal itu disampaikannya merespons dirinya masuk radar calon presiden (capres) dari PKS pada Pilpres 2024.

"Kami memiliki hubungan yang sangat baik (dengan PKS) karena sebelumnya tahun 2019, tahun 2017 kami juga bareng berkampanye dengan teman-teman PKS," kata Sandiaga kepada Tribunnews.com di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (21/9/2022).

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra ini menambahkan dirinya mengapresiasi atas aspirasi karena namanya menjadi satu diantara radar capres PKS.

"Tentunya dinamika ini kita sikapi dengan bijaksana, apresiasi atas aspirasinya," ucapnya.

Sebelumnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) memaparkan ada sejumlah tokoh potensial yang bakal diusung mereka pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Ini dilakukan setelah Musyawarah Majelis Syura (MMS) VII di Bandung pada 14-15 Agustus 2022.

Ketua Bidang Humas DPP PKS Ahmad Mabruri mengatakan para tokoh tersebut diketahui memiliki tiga kriteria utama, diantaranya memiliki karakter nasionalis-religius, berpeluang besar untuk menang, dan menjadi simbol perubahan untuk Indonesia yang lebih baik. Jika dirangkum, para tokoh tersebut memiliki kriteria nasionalis-religius.

"Nasionalis religius bisa Anies Baswedan, Sandiaga Uno, AHY, Ridwan kamil, Muhaimin Iskandar, Airlangga Hartarto," kata Ahmad Mabruri kepada wartawan, Senin (19/9/2022).

Selain itu, Ahmad juga terus menjalin komunikasi dengan Partai Nasdem, Partai Demokrat, Partai Golkar, PAN dan PPP yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) serta Partai Gerindra.

"Kita jalin komunikasi dengan semua kandidat dan partai. Membangun Indonesia perlu kolaborasi semua elemen bangsa," ujar dia.

Baca juga: Kucing Paling Pintar di Dunia, Simak Penjelasan Tentang 10 Ras Kucing Berikut Ini

Baca juga: 1.602 Liter Minyak Tanah Sitaan di Kepulauan Sangihe Sulawesi Utara Bakal Disalurkan ke Masyarakat

Meski sudah melakukan komunikasi dengan Partai Gerindra dan PAN, Ahmad menyebut nama Prabowo Subianto dan Zulkifli Hasan tidak masuk radar yang bakal PKS usung sebagai capres di Pemilu 2024.

Hal itu menimbulkan pertanyaan, terlebih Prabowo Subianto merupakan salah satu tokoh yang memiliki elektabilitas tinggi di berbagai lembaga survei.

Namun, Ahmad enggan menjelaskan lebih jauh alasan Prabowo dan Zulhas tidak masuk radar PKS.

"Saya juga kurang tahu kenapa nama-nama ini (Prabowo-Zulhas) jarang dibicarakan," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Tanggapan Sandiaga Uno Namanya Masuk Radar Capres PKS, https://www.tribunnews.com/mata-lokal-memilih/2022/09/21/tanggapan-sandiaga-uno-namanya-masuk-radar-capres-pks?page=all.

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved