RENUNGAN HARIAN KELUARGA

RENUNGAN HARIAN KELUARGA - 2 Korintus 8:3-5 Pemberian yang Berlimpah

Keluarga Kristen yang dikasihi dan diberkati Tuhan Yesus. Komitmen jemaat-jemaat di Makedonia untuk mengambil bagian

Editor: Aswin_Lumintang
pixabay.com
Bacaan Alkitab 

Selasa, 20 September 2022
2 Korintus 8:3-5
TRIBUNMANADO.CO.ID - Keluarga Kristen yang dikasihi dan diberkati Tuhan Yesus......
Komitmen jemaat-jemaat di Makedonia untuk mengambil bagian dalam pelayanan kepada orang-orang kudus, yakni jemaat Kristen di Yerusalem, dilakukan mereka dengan penuh kesungguhan dan tidak setengah-setengah.

Dalam menjadikan mereka sebagai contoh bagi jemaat di Korintus, Paulus memberi kesaksian tentang kesungguhan jemaat-jemaat di Makedonia dalam memberi, terlepas dari keadaan mereka yang menderita dan dalam kemiskinan.

Keadaan mereka yang sangat miskin jelas akan membuat Paulus tidak mendesak mereka untuk memberi, namun jemaat-jemaat di Makedoniasendirilah yang mendesak Paulus agar mereka dapat mengambil bagian dalam pelayanan kepada jemaat di Yerusalem.

Bacaan Alkitab
Bacaan Alkitab (Tribun Manado/Indra Sudrajat)

Paulus menyebut bahwa mereka telah memberi, bahkan melampaui kemampuan mereka.

Paulus dengan jujur mengungkapkan bahwa pemberian mereka bahkan lebih dari yang Paulus harapkan.
Jumlah pemberian mereka yang sangat banyak membawa Paulus pada kesimpulan bahwa pemberian tersebut berakar pada komitmen jemaat yang bersungguh-sungguh dan tidak setengah-setengah.

Paulus menjelaskan hal ini dengan mengatakan bahwa jemaat-jemaat di Makedonia telah memberikan diri mereka kepada Allah dan karena komitmen tersebut mereka memberikan diri mereka kepada Paulus dan menopang idenya untuk mengumpulkan bantuan bagi jemaat di Yerusalem.

Dari mereka, jemaat di Korintus diingatkan kembali bahwa komitmen seseorang untuk memberi hidupnya bagi Allah mendorong seseorang juga untuk memberi hidupnya bagi orang lain.

Dari komitmen inilah jemaat-jemaat di Makedonia telah memberi secara berlimpah, bahkan ketika mereka sedang menderita dan dalam keadaan ekonomi yang terpuruk.

Keluarga Kristen yang dikasihi dan diberkati Tuhan Yesus.......

Kita dipanggil untuk mempersembahkan hidup sepenuhnya di hadapan Allah dan dipanggil untuk memberikan hidup kita bagi pelayanan terhadap orang-orang yang membutuhkan.
Kiranya keluarga-keluarga kita pun punya komitmen untuk melayani dengan sungguh-sungguh dan bukan setengah-setengah sehingga semakin banyak orang yang merasakan sentuhan pelayanan nyata dari kita.

Dan merasakan kasih karunia Allah melalui tindakan kasih kita.Itulah hidup Kristen yang berlimpah dan memupiakan-Nya. Amin.

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved