Minsel Sulawesi Utara

Omzet BUMDes Garuda Mart Lansot Tareran Minsel Sulawesi Utara Capai Rp 2,6 Juta

Desa Lansot kecamatan Tareran, Kabupaten Minahasa Selatan memiliki Usaha Toko sembako dengan nama Garuda Mart yang dikelola Badan Usaha Milik Desa

Penulis: Manuel Mamoto | Editor: Chintya Rantung
manuel mamoto/tribun manado
Direktur operasional BUMDes Garuda Mart Ronny Hutahaean dan Pendamping desa Erny Lengkong di Garuda Mart Lansot Tareran, Minsel Sulawesi Utara 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Desa Lansot kecamatan Tareran, Kabupaten Minahasa Selatan memiliki Usaha Toko sembako dengan nama Garuda Mart yang dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

BUMDes desa Lansot sudah memiliki sertifikat dari kementrian desa dan berbadan hukum. Sudah mendapat pengakuan dari Kemenkumham RI serta sudah berjalan hampir satu tahun.

"BUMDes di desa Lansot sudah terbentuk sejak tahun 2017. Setelah dikeluarkan PP no 11 tahun 2021 tentang revitalisasi BUMDes, saat ini BUMDes dipimpin oleh seorang direktur operasional yang diangkat oleh Hukum Tua.

Direktur memilih sekertaris dan bendahara yang selanjutnya menjadi karyawan BUMDes berdasarkan musyawarah desa, " tutur Erny Lengkong selaku pendamping lokal desa P3MD Kecamatan Tareran saat diwawancarai Tribun Manado, Senin (19/9/2022).

Menurut Erni, dana penyertaan modal setelah revitalisasi BUMDes sebesar 100 juta rupiah.

"Sebelum revitalisasi BUMDes saat ini, Oleh pengurus yang lama sudah menjalankan usaha ini dengan penyertaan modal sebesar 40 juta bisa menghasilkan pendapatan asli desa sebesar 30 juta rupiah, " kata Erny.

Dia menjelaskan dengan adanya BUMDes di desa Lansot membawa desa ini menjadi desa mandiri.

"BUMDes menjadi nilai tambah bagi desa Lansot . Tahun ini desa Lansot sudah beralih status menjadi desa mandiri dimana salah satu pendongkraknya yaitu adanya BUMDes di desa ini," pungkas Erny.

Pada kesempatan tersebut Direktur Operasional BUMDes Garuda Mart Ronny Hutahaean, Am. E kepada Tribun Manado mengatakan, BUMDes Garuda Mart menyediakan kebutuhan masyarakat.

"BUMDes Garuda Mart buka dari jam 7.00-21.00 Wita. Di sini kami menyediakan bahan-bahan yang menjadi kebutuhan masyarakat seperti beras, gula, mentega, air mineral dan aneka macam snack serta berbagai macam barang yang menjadi kebutuhan masyarakat," kata Ronny.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved