Berita Bitung

Kota Bitung Tertinggi Guru Login Platform Merdeka Belajar

Pemerintah Kota Bitung, langsung oleh Wali kota Maurits Mantiri, memberi perhatian terhadap pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar

Penulis: Christian_Wayongkere | Editor: David_Kusuma
Dok Pemkot Bitung
Wali Kota Bitung Maurits didaulat untuk menutup rangkaian pelatihan TIK dan pemanfaatan platform merdeka mengajar (PMM) pada satuan pendidikan pelaksana murikulum Merdeka tingkat SD-SMP se-Bitung. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, BITUNG - Puncak Penyebaran Covid-19 tahun 2020 sampai awal tahun 2022 menyebabkan pembelajaran tidak berjalan secara efektif, karena pembelajaran tidak lagi dilaksanakan di sekolah. 

Dari informasi, tertulis Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Sulawesi Utara, pembelajaran dilaksanakan secara daring, tetapi ternyata banyak masalah yang ditemui seperti akses terhadap jaringan, tidak meratanya kemampuan guru ataupun siswa menggunakan peralatan digital. 

Padahal penggunaan teknologi dibidang pendidikan sudah merupakan kebutuhan bukan hanya pada saat Pandemi Covid-19 tetapi sudah merupakan kebutuhan saat ini dan akan datang. 

Dampak dari situasi tersebut adalah terjadinya krisis pembelajaran yang mengakibatkan ketertinggalan pembelajaran (Learning Loss) bagi peserta didik sehingga mutu hasil belajar semakin menurun.

Karena itu Kementerian Pendidikan mengeluarkan kebijakan Merdeka Belajar Episode Ke-15 Tentang Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Mengajar (PMM).

Untuk melaksanakan Kurikulum Merdeka ini, maka setiap guru wajib menggunakan Platform Merdeka Mengajar (PMM).

Karena melalui Platform Digital ini membantu guru mendapatkan referensi, inspirasi, perangkat pembelajaran, dan pemahaman melalui pelatihan untuk menerapkan kurikulum merdeka.

Pemerintah Kota Bitung, langsung oleh Wali kota Maurits Mantiri, memberi perhatian terhadap pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar dengan memberi pelatihan kepada mereka agar semua guru mampu mengakses dan menggunakan PMM ini.

Kota Bitung Tertinggi Guru Login Platform Merdeka Belajar
Kota Bitung Tertinggi Guru Login Platform Merdeka Belajar (Dok Pemkot Bitung)

“Ya, untuk sementara Kota Bitung tertinggi untuk guru yang Login di PMM,” kata Wali kota Bitung Maurits Mantiri, Rabu (14/9/2022).

Pelatihan ini dilaksanakan melalui kerjasama dengan Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Sulawesi Utara dengan biaya APBD Pemerintah Kota Bitung.

Adapun data pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar sebelum kita melakukan pelatihan adalah Kota Bitung berada pada peringkat ke 6 dari 15 Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Utara dengan capaian 25 persen. 

Dan setelah dilaksanakan pelatihan bagi guru yang belum mengakses Platform Merdeka Mengajar yang dilaksanakan selama 4 hari (7-8 September dan 12-13 September 2022) di BPMP Provinsi Sulawesi Utara, maka peringkat Kota Bitung untuk pemanfaatan PMM ini sudah menjadi Peringkat Pertama dengan  capaian 81,57 % .

Masih ada sisa 18,43 % yang akan kita lakukan pelatihan pada tahap 3 sehingga kita boleh mencapai target 100 % untuk pemanafaatan PMM ini.

Angka 18,43 % tersebut diatas sudah termasuk guru-guru di SLB,dan SMA/SMK yang merupakan tanggungjawab Dinas Provinsi.

“Oleh karena itu kami akan terus berkoordinasi agar kita bersama-sama mendukung pelaksanaan Kurikulum Merdeka ini melalui pemanfaatan PMM.

Pemerintah Kota Bitung sangat mengharapkan semua guru menggunakan PMM ini karena ini adalah platform digital yang juga merupakan bagian dari Visi kita untuk menjadikan Bitung Kota Digital,” kata Wali  kota Bitung Maurits Mantiri, Rabu (14/9/2022).(crz)

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved