Sitaro Sulawesi Utara

Pedagang Eceran di Kepulauan Sitaro Patok Harga Pertalite Rp 12 Ribu hingga Rp 15 Ribu Per Liter

Harga BBM eceran di Kepulauan Sitaro, kini sudah mulai naik. Biasanya, Pertalite eceran dijual dengan harga Rp 10 ribu-Rp 12 ribu per liter.

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Isvara Savitri
Tribunmanado.co.id/Istimewa
BBM jenis Pertalite yang dijual eceran dengan harga Rp 15 ribu per liter di Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara. 

TRIBUNMANADO.ID, SITARO - Pemerintah resmi menaikan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis pertalite, solar, dan pertamax terhitung mulai 3 September 2022.

Harga Pertalite naik dari sebelumnya Rp 7.650 menjadi Rp 10 ribu per liter, Solar dari Rp 5.150 menjadi Rp 6.800, dan Pertamax dari Rp 10.450 menjadi Rp 14.500.

Tak hanya di SPBU maupun agen penyalur resmi, harga baru BBM juga telah diberlakukan para pedagang eceran khususnya Pertalite.

Meski pedagang eceran BBM ini masih terbilang ilegal, namun keberadaan mereka sangat membantu masyarakat, utamanya yang ada di wilayah pelosok atau kepulauan.

Seperti halnya di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara, yang sebagian masyarakatnya masih bergantung pada stok BBM di kalangan pedagang eceran.

Tak tanggung-tanggung, BBM jenis Pertalite yang biasanya dijual dengan harga Rp 10 ribu-Rp 13 ribu per liter, kini naik di kisaran Rp 12 ribu-Rp 15 ribu per liter.

Baca juga: Akhirnya Terungkap Alasan Presiden Jokowi Pilih Azwar Anas Jadi Menpan-RB: "Track Record"-nya Jelas

Baca juga: Bupati Bolmong Sulawesi Utara Limi Mokodompit Hadiri Kegiatan Sekolah Lapang Petani

Perbedaan angka itu terlihat pada pedagang BBM eceran manual yang sebelumnya menjual dengan harga Rp 13 ribu kini naik menjadi Rp 15 ribu per liter.

Sedangkan pedagang eceran yang menggunakan mesin pompa kini mematok harga Rp 12 ribu per liter dari sebelum adanya kenaikan harga BBM, yakni Rp 10 ribu per liter.

Opo, salah satu pedagang eceran Pertalite di Kelurahan Tarorane, Kecamatan Siau Timur, mengatakan dirinya terpaksa menaikan harga jual eceran karena adanya kenaikan harga di APMS.

Foto: BBM jenis Pertalite yang dijual eceran dengan harga
BBM jenis Pertalite yang dijual eceran dengan harga Rp 15 ribu per liter di Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara.

"Mau tidak mau kami juga harus menaikan harga di tingkat eceran supaya usaha ini bisa tetap jalan," ujar Opo kepada tribunmanado.co.id, Rabu (7/9/2022).

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved