Bolmong Sulawesi Utara

Minta Data Usulan Kebutuhan Daerah, Tim BPPW Sulawesi Utara Kunjungan ke Pemkab Bolmong

Tim Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) kunjungi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow

Penulis: Sujarpin Dondo | Editor: Chintya Rantung
IST
BPPW Provinsi Sulawesi Utara kunjungi Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Tim Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) kunjungi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow dan meminta usulah kebutuhan.

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sulawesi Utara Ir Komang Raka Maharthana menjelaskan tujuan kedatangan di pemkab Bolmong ini untuk mengetahui tentang kemampuan dan pembiayaan dari sumber – sumber pendapatan daerah.

“Kami belum ada target berapa yang akan dikucurkan ke daerah, dari kita masih tunggu usulan Pemkab Bolmong.

Karena saat ini datanya main digital kalo tak ada data anggarannya pasti tidak bisa dikucurkan oleh pusat,” ucap Komang saat mengunjungi kantor Bupati Bolmong, Selasa (06/09/2022) kemarin.

Lanjutnya, maunya Pemkab Bolmong, bangun apa misalnya program Kotaku, jalan setapak, program Pisew, Pamsimas, Tempat sampah, TPA dan lain – lain semua bisa diusulkan, hanya saja harus ada datanya.

“Jadi pemerintah pusat itu akan bantu pemerintah daerah yang bisa siap menghabiskan uang itu untuk rakyat. Misalnya untuk bangun pariwisata tapi masuk dalam RTRW pemukiman warga dan tidak ada anggaran pembebasan lahan, tentu ini tidak bisa dianggarkan karena pasti akan bermasalah,” ucapnya.

Komang menegaskan telah memberikan batas waktu kepada Pemkab Bolmong untuk melengkapi data untuk diusulkan kepada pemerintah pusat, sampai pada tanggal 15 September bulan ini.

Sementara itu, penjabat Bupati Bolmong Ir Limi Mokodompit mengatakan kedatangan dari tim BPPW Sulut terkait meminta data kebutuhan Bolmong yang tak bisa dianggarkan oleh daerah, yang hanya bisa dianggarkan oleh APBN.

“Saya undang dinas yang terkait seperti Bappeda, Dinas PUPR dan Dinas Perumahan dan Pemukiman. Masing-masing dihadiri oleh pimpinan OPD Ashari Sugeha, Chany Wayong, dan Hendra Hamim. Pimpin rapat Pak asisten III Ashari Sugeha,” ucap Bupati.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pariwisata Supriyadi Dilapanga mengusulkan pengembangan pariwisata pantai pasir putih Maelang.

Ia berkata, dari BPPW Sulut minta bisnis planning pantai pasir putihnya.

“Itu dulu yang kami adakan datanya kemudian minta usulan dana untuk dikucurkan di daerah,” singkatnya.

Baca juga: Akhirnya Terungkap Ferdy Sambo Diperiksa Tersangka Obstruction of Justice di Mako Brimob Hari Ini

Baca juga: Kabupaten Bolmut Utus Perwakilan di Ajang Nyong Noni Sulawesi Utara Tahun 2022

 

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved