Sulawesi Utara

5 Calon Sekprov Sulawesi Utara Selesaikan Tes Wawancara, Agus Fatoni: Semua Layak 

Kelima calon Sekda Sulut telah menjalani tahap akhir proses seleksi. Pihak Kemendagri menyebut semua layak maju, meski yang dipilih hanya satu.

Penulis: Ryo_Noor | Editor: Isvara Savitri
Tribunmanado.co.id/Dok. BKD Sulawesi Utara
5 calon Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulawesi Utara melalui tes wawancara di Swiss-Bellhotel Maleosan, Kota Manado, Selasa (6/9/2022). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Lima calon Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulawesi Utara telah melalui tes wawancara di Swiss-Bellhotel Maleosan, Kota Manado, Selasa (6/9/2022).

Para peserta seleksi Sekprov Sulut adalah Kepala Dinas Perumahan, Pemukiman dan Pertanahan (Perkimtan) Sulut, Steve Kepel; Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DMPTSP) Sulut, Fransiscus Manumpil; Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sulut, Fery Sangian; Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulut, dr Debie Kalalo; dan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sulut, Izak Rey.

Kelima calon Sekprov ini diuji langsung oleh Panitia Seleksi yang hadir mewawancarai para peserta.

Pansel terdiri dari Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Kemendagri RI, Agus Fatoni, sebagai Ketua Pansel; Inspektur Jenderal Kementan RI, Jan Maringka, sebagai Sekretaris Pansel; dan anggota Pansel yakni Rektor Unsrat, Ellen Joan Kumaat; Rektor Unima, Deitje Katuuk; dan Rektor Universitas De La Salle,  Johanis Ohoitimur.

Ketua Pansel, Agus Fatoni, menyampaikan jika pada tahapan-tahapan sebelumnya dilaksanakan secara virtual, pada tes kali ini peserta diwawancarai langsung oleh Panitia Seleksi.

"Kita tidak hanya melihat ide dan gagasan para peserta, tetapi kita juga menguji itu bisa diimplementasikan atau tidak," ungkap Mantan Pjs Gubernur Sulut ini.

Baca juga: Caroll Senduk Ingatkan PNS Pemkot Tomohon Sulawesi Utara Kerja Sesuai Tupoksi

Baca juga: Akhirnya Terungkap Polri Cecar Putri Candrawathi Pakai Lie Detector, Motif Buat Ferdy Sambo Kalap

Kesimpulannya sebagai Ketua Pansel, 5 peserta seleksi ini layak untuk menempati jabatan Sekprov.

Ia menyebut para peserta punya peluang terpilih.

"Tetapi memang yang terpilih hanya satu," ujar Agus Fatoni.

5 Calon Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulawesi Utara
5 calon Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulawesi Utara melalui tes wawancara di Swiss-Bellhotel Maleosan, Kota Manado, Selasa (6/9/2022).

Anggota Pansel, Ellen Joan Kumaat, mengatakan ada berbagai parameter yang dinilai dari masing-masing peserta saat menjawab pertanyaan-pertanyaan dalam tes wawancara.

"Ada kaitan dengan tema, inovasi dan apa yang ditulis dan disampaikan peserta serta originalitasnya dalam penyampaian jawaban para peserta," kata Rektor Universitas Sam Ratulangi ini.

Hadir pada tahapan wawancara Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Madya Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sulawesi Utara, Pj Sekprov Sulut, Praseno Hadi dan Kepala Badan Keuangan Daerah Provinsi Sulut, Clay Dondokambey. 

Baca juga: Polres Minut Tangkap Terduga Pelaku Pencabulan di Dimembe Sulawesi Utara, FS Seorang Residivis 

Baca juga: Nasib Kuasa Hukum Keluarga Brigadir J, Kamaruddin akan Diperiksa Polisi usai Dilaporkan, Ada Apa?

Adapun tes wawancara merupakan tes terakhir dari empat tes dalam seleksi Sekprov.

Sebelumnya lima calon Sekprov sudah melalui tiga tes lainnya yakni tes administrasi dan rekam jejak, assessment test, dan penulisan makalah.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved