Tips

Tak Banyak yang Tahu, Ini Manfaat Quality Time Bikin Keluarga Makin Harmonis Ungkap Psikolog

Keluarga adalah tempat berpijak. Bukan hanya untuk anak, tapi juga untuk orangtua. Orangtuanya juga butuh quality time untuk stres

Editor: Erlina Langi
Pixabay
Tak Banyak yang Tahu, Ini Manfaat Quality Time Bikin Keluarga Makin Harmonis 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Setelah keadaan mulai new normal semua kembali bisa bepergian kemana-mana

Sebelumnya kita banyak menghabiskan waktu kita dirumah

Namun apakah kesempatan itu telah kita manfaatkan sebaik mungkin ?

Jika kita tak sempat menggunakan waktu dirumah kita untuk kumpul dan berbincang berkualitas kita bisa memanfaatkannya sekarang sebelum terlambat.

Karena faktanya, kumpul keluarga yang berkualitas atau quality time bisa memperat keharmonisan keluarga.

Seperti yang diungkapkan oleh psikolog anak dan keluarga, Vera Itabiliana. Dikatakan, quality time tidak hanya sekedar meningkatan kedekatan antar anggota keluarga.

Namun, menghabiskan waktu berkualitas bersama juga membawa banyak manfaat positif untuk tumbuh kembang anak.

"Waktu bersama keluarga atau quality time bersama keluarga, itu penting sekali. Kenapa ini penting, karena manfaatnya juga besar untuk tumbuh kembang anak," kata Vera dalam konferensi pers bersama Kraft, pada Senin (8/8/2022).

Quality time, bisa dilakukan dengan melakukan aktivitas bersamaan dalam satu tempat.

Dimana dalam aktivitas tersebut setiap anggota keluarga bisa saling terlibat, berinteraksi, dan membangun aktivitas yang menyenangkan.

Selain meningkatkan kedekatan antar anggota keluarga, menghabiskan waktu berkualitas bersama juga bisa mengembangkan karakter anak.

Diakatakan, anak yang sering melakukan aktivitas bersama keluarga cenderung memiliki karakter yang percaya diri, dan juga mandiri.

"dan keluarga adalah tempat berpijak. Bukan hanya untuk anak, tapi juga untuk orangtua. Orangtuanya juga butuh quality time untuk stres release," kata Vera.

"Melakukan kegiatan bersama anak-anak, ketika melakukan pendekatan, ada hormon yang keluar. Hormon oksitosin atau hormon cinta, karena ketika hormon itu keluar kita merasa lebih dekat, merasa aman dan nyaman, ini penting untuk anak-anak. Keluarga adalah tempat berpijak dan inspirasi bagi anak-anak, jadi patut diperjuangkan," imbuhnya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved