Bolmong Sulawesi Utara

Limi Mokodompit Hadiri Upacara Ngaben Massal di Desa Werdhi Agung Selatan Bolmong Sulawesi Utara

Limi Mokodompit Hadiri Upacara Ngaben Massal di Desa Werdhi Agung Selatan Bolmong Sulawesi Utara .

Penulis: Sujarpin Dondo | Editor: Rizali Posumah
tribunmanado.co.id/Sujarpin Dondo
Penjabat (Pj) Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong), menghadiri upacara Ngaben di desa Werdhi Agung Selatan, Kecamatan Dumoga Tengah, Sulawesi Utara, Jumat (02/09/2022). 

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID - Penjabat (Pj) Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong), menghadiri upacara Ngaben di desa Werdhi Agung Selatan, Kecamatan Dumoga Tengah, Sulawesi Utara, Jumat (02/09/2022).

Upacara ini dilaksanakan di Pure Prajapati desa Werdhi Agung Selatan yang dirangkaikan dengan metatah atau potong gigi bagi 180 orang.

Limi dalam sambutannya mengucapkan terima kasih banyak kepada masyarakat karena telah mengundang dirinya untuk hadir dalam upacara umat Hindhu di daratan Dumoga tersebut.

"Selain melakukan upacara, hal ini juga menjadi ajang silaturahmi untuk lebih mendekatkan kita sesama manusia dan juga kepada tuhan yang maha esa," ucapnya.

Dalam kesempatan itu pula Limi mengatakan upacara Ngaben ini pastinya didukung oleh pemerintah dan mensuport setiap kegiatannya.

"Upacara ini merupakan momen yang baik dan sakral sebagai penghormatan sekaligus wujud bakti saudara saudaraku umta Hindhu kepada leluhur dan orang tua," ucap Limi.

Lanjut Limi, jika dilihat dari segi pendekatan dan kebudayaan maka ritual Ngaben Massal turut memperkaya corak kebudayaan di Kabupaten Bolmong, sehingga dirinya berharap kepada saudara-saudara umat Hindu untuk terus melestarikan kebudayaan ini.

"Saya berharap terus dilestarikan karena hal ini mencerminkan ke gotong royongan, kebersamaan dan persatuan sesama umat beragama," tambah Limi.

"Hal ini juga bisa menjadi salah satu tolak ukur bahwa Bolmong adalah miniaturnya Indonesia," tandasnya.

Psikolog Sulawesi Utara Orley Sualang: Penyebab Orang Bunuh Diri Depresi dan Kurang Dukungan Sosial

BI Sulawesi Utara Prediksi Inflasi September karena Pengucapan Syukur dan Potensi Kenaikan BBM

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved