Sitaro Sulawesi Utara

Dinas Penanaman Modal dan PTSP Tutup 4 Kantor Koperasi di Kepulauan Sitaro Sulawesi Utara

Dinas PMPTSP Kepulauan Sitaro menutup emppat koperasi yang tidak memiliki izin usaha dan izin operasional. Jika ingin berlanjut, harus mendaftar dulu.

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Isvara Savitri
Tribunmanado.co.id/Octavian Hermanses
Petugas Dinas PMPTSP Sitaro saat menutup usaha simpan pinjam salah satu koperasi di Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, Jumat (2/9/2022). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, SITARO - Sebanyak empat Koperasi Simpan Pinjam (KSP) di Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara ditutup.

Penutupan dilakukan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Kabupaten Kepulauan Sitaro karena diduga keempat koperasi tersebut tidak mengantongi izin usaha dan izin operasional.

Empat KSP yang ditutup yaitu Koperasi Budi Luhur di Kelurahan Akesimbeka, Kecamatan Siau Timur; Koperasi Anugerah Jaya di Kelurahan Tarorane, Kecamatan Siau Timur; Koperasi Mekar Jaya Indonesia di Kelurahan Bahu, Kecamatan Siau Timur; serta Koperasi Sejahtera di Kelurahan Akesimbeka, Kecamatan Siau Timur.

Pantauan tribunmanado.co.id terlihat para petugas Dinas PMPTSP Kepulauan Sitaro didampingi perangkat kelurahan setempat mendatangi empat kantor koperasi dan menutup operasional usaha.

Menurut Kepala Bidang Koperasi dan UKM Dinas PMPTSP Kepulauan Sitaro, Nixon Mangerengkonda, sebelum menutup, pihaknya lebib dahulu menyampaikan surat pemberitahuan kepada setiap pengurus koperasi.

"Ini (penutupan koperasi, -red) menindaklanjuti surat dari Deputi Bidang Perkoperasian Kementerian Koperasi dan UKM tentang penertiban koperasi," kata Nixon, Jumat (2/9/2022).

Baca juga: Terminal Bayangan Menjamur di Manado Sulawesi Utara, Sopir Angkot Alasan Fasilitas Tak Memadai

Baca juga: Minahasa Utara Aman Kasus Bunuh Diri, Polres Minta Masyarakat Cari Jalan Keluar Jika Ada Masalah 

Dalam surat tersebut ditegaskan agar OPD yang membidangi Koperasi dan UKM di setiap kabupaten/kota untuk menertibkan berupa penghentian usaha simpan pinjam terhadap koperasi yang tidak memiliki izin usaha.

"Koperasi yang memiliki kantor cabang, cabang pembantu, atau kantor kas tapi belum memiliki izin usaha operasional wajib ditutup dan mengurus izin melalui situs www.oss.go.id," lanjutnya.

Sejak awak tahun 2022, Nixon bilang pihaknya telah membina saat proses pendataan koperasi primer kabupaten dan kota yang beroperasi di wilayah Sitaro.

Petugas Dinas PMPTSP Sitaro saat menutup KSP di Kabupaten Sitaro.
Petugas Dinas PMPTSP Sitaro saat menutup usaha simpan pinjam salah satu koperasi di Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, Jumat (2/9/2022).

"Kami memahami dari koperasi yang membuka cabang di Sitaro belum memiliki Administrasi Hukum Umum dan bentuk koperasinya primer kabupaten kota," ujarnya.

Pasca penutupan tersebut, pengurus koperasi diingatkan untuk tidak melakukan kegiatan operasional dalam bentuk apapun, khususnya terkait usaha simpan pinjam.

Baca juga: Prakiraan Cuaca 33 Kota Besar di Indonesia Sabtu 3 September 2022, Bengkulu dan Bandung Hujan Ringan

Baca juga: Tahun 2022, Polres Minahasa Sulawesi Utara Tangani 64 Kasus Kekerasan Perempuan dan Anak

"Kami pastikan akan tetap memantau melalui Satuan Tugas atau Satgas Koperasi yang telah dibentuk oleh kabupaten," kuncinya.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved