Sitaro Sulawesi Utara

Selang Tahun 2021-2022, Tiga Kasus Bunuh Diri Terjadi di Kabupaten Sitaro Sulawesi Utara

Sejak tahun 2021 lalu telah terjadi tiga kali kasus bunuh diri di Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro).

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Chintya Rantung
net
ilustrasi bunuh diri 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Sejak tahun 2021 lalu telah terjadi tiga kali kasus bunuh diri di Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro).

Terbaru dua kasus yang terjadi di wilayah Siau Barat dan Tagulandang pada pertengahan 2022 ini, masing-masing dua orang laki-laki berusia 36 tahun dan 21 tahun.

Sedangkan satu kasus bunuh diri lainnya terjadi pada tahun 2021 silam tepatnya di salah satu Kampung di wilayah Kecamatan Siau Timur, yang dilakukan seorang lelaki.

Selain tiga kasus bunuh diri yang mengakibatkan nyawa para korban, data dari Polsek Siau Barat juga mencatat adanya dua kasus percobaan bunuh diri.

Dari semua kasus, baik bunuh diri maupun percobaan bunuh diri di Kabupaten Kepulauan Sitaro, semuanya dipicu faktor depersi.

Seperti aksi nekat yang dilakukan OD alias Ovan alias Harmes (30) yang mengakhiri hidupnya dengan cara gantung diri pada Mei 2022 lalu.

Jasad lelaki asal Kampung Kapeta Kecamatan Siau Barat Selatan Kabupaten Sitaro itu ditemukan warga dalam kondisi tergantung di samping rumah korban.

"Diduga kuat pria itu bunuh diri karena depresi yang diperkuat dengan keterangan ibu kandung korban Alwin Sambentiro," kata Kapolsek Siau Barat, AKP Nofry Sadia

Begitu pula yang dilakukan MM alias Meidi (35), Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tagulandang asal Kota Kotamobagu.

Diduga depresi, pria tersebut mengakhiri hidupnya dengan cara gantung diri menggunakan sarung di dalam kamar mandi Lapas Tagulandang pada Mei 2022 lalu.

Pengingat

Berita ini tidak ditujukan untuk menginspirasi kepada siapa pun untuk melakukan tindakan serupa.

Bagi pembaca yang merasakan gejala depresi dengan kecenderungan berupa pemikiran untuk bunuh diri, segera konsultasikan persoalan Anda ke pihak-pihak yang dapat membantu.

Anda bisa menghubungi  psikolog, psikiater, ataupun klinik kesehatan mental setempat.

Bisa juga Anda berkonsultasi ke Rumah Sakit Jiwa Prof. dr. VL. Ratumbuysang di Jalan Bethesda No. 77, Sario Kotabaru, Manado, Sulawesi Utara.(HER)

Baca juga: Informasi Daftar Harga Bahan Pokok di Pasar Tuminting Manado Sulawesi Utara

Baca juga: 26 Kasus Mafia BBM Diungkap Polda Sulawesi Utara, 31 Tersangka Diringkus

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved