Tips

Kenapa Sih Orang-orang Suka Potong Rambut Setelah Patah Hati ? Ini Alasan Psikologisnya

Manfaat potong rambut untuk menyembuhkan hati. Potong rambut bisa menjadi tradisi yang sehat untuk menyembuhkan hati yang terluka setelah putus cinta

Editor: Tirza Ponto
Istimewa
Ilustrasi Potong Rambut - Kenapa Sih Orang-orang Suka Potong Rambut Setelah Patah Hati ? Ini Alasan Psikologisnya 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kebiasaan memotong rambut menjadi lebih pendek sering dikaitkan dengan isu bahwa orang tersebut baru saja mengalami patah hati yang mendalam.

Baik karena kehilangan kekasih, berpisah dari orang-orang terdekat seperti keluarga ataupun sahabat karib.

Dengan memotong rambut menjadi lebih pendek dianggap dapat menghilangkan kesedihan dan berharap kembali mendapatkan kegembiraan. 

Ilustrasi Potong Rambut
Ilustrasi Potong Rambut (THINKSTOCKS)

Selain untuk menghilangkan kesedihan, biasanya orang-orang juga memotong rambut dengan alasan membuang sial dan memiliki harapan untuk siap memulai awal kesuksesan yang baru.

Memotong rambut menjadi lebih pendek juga biasanya karena ingin mengikuti tren-tren, dimana orang-orang yang memotong rambut mereka karena terinspirasi dari artis-artis idola mereka.

Dan alasan lainnya orang-orang memotong rambut mereka menjadi lebih pendek karena alasan mudah/sering rontok dan rambut yang rusak.

Alasan psikologis dari kebiasaan potong rambut setelah putus cinta.

Rachel Wright, M.A., LMFT, psikoterapis yang fokus pada hubungan mengatakan jika tren 'breakup hair' ini sebagai bentuk upaya kita untuk tetap bisa mengontrol hal yang terjadi di dalam hidup.

"Ketika kita secara sederhana ingin mengontrol sesuatu, khususnya kala seluruh hidup terasa berjalan di luar kendali, rambut kita adalah hal yang memberikan otonomi penuh," jelasnya, dikutip dari Mind Body Green.

Tranformasi gaya rambut bisa menjadi transisi awal kita, dari yang sebelumnya berpasangan kini lebih mandiri setelah berpisah dari pasangan.

"Kita memiliki banyak kaitan emosional dengan rambut kita lebih dari yang banyak orang sangka," tambahnya.

Selain itu, potong rambut adalah perubahan yang paling mudah, dan murah, untuk dilakukan sehabis putus cinta.

Beberapa perubahan lainnya, seperti mengganti koleksi pakaian atau kendaraan yang kerap dipakai bersama mantan pasangan, butuh biaya yang lebih besar.

Manfaat potong rambut untuk menyembuhkan hati

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved