Alfamart

Aty Tumayahu Mampu Naik Haji dari Panada Tore

Pilihannya kepada bisnis kue karena memang sejak Sekolah Menengah Pertama (SMP) dirinya sudah belajar membuat kue, membantu ibu tersayang

Editor: David_Kusuma
Alfamart
Alfamart menjual Panada Tore 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Daging tuna segar sudah dikukus dalam panci besar, kemudian setelah sampai di kematangan yang telah ditentukan. daging tersebut oleh wanita paruh ditiriskan, kemudian dicampur dengan berbagai bumbu pilihan.

Dalam ruangan ukuran 4X5 meter tujuh orang perempuan terlihat sibuk dengan pekerjaannya masing-masing. Ada yang memipihkan adonan berbahan terigu dengan mesin semi otomatis.

Ada yang mengisi adonan dengan ikan tuna yang telah dihancurkan. Dan ada pulang yang mencetak adonan yang telah disl sini tuna dengan bentuk setengah lingkaran.

Setelah semuanya adonan telah terkumpul sebanyak 200 picis. Barulah ketahap selanjutnya, yaitu melakukan penggorengan dengan minyak panas dengan suhu yang benar-benar panas. kemudian dilakukan penggorengan kurang lebih 5 menit untuk mendapatkan hasil yang sempurna, yaitu kuning kecoklatan.

Proses selanjutnya dengan meniriskan minyak minyak, sekaligus melakukan pendinginan. Ketika dirasa sudah dingin, kemudian di packing dengan berat 200 ml. Setelah itu, bisa Panada Tore, bisa dinikmati dengan kopi atau teh hangat.

"Awal mulai membuat usaha ini sejak 2005 lalu. Dengan modal Rp500.000," ujar Aty Tumayahu (48) saat memulai menceritakan mengenai usahanya.

Didampingi suami tercinta Amrin Ikhsan (50) dia kemudian menceritakan terus berusaha menekuni bisnis pembuatan kue seperti pia, panada dan Kolombemgi.

Pilihannya kepada bisnis kue karena memang sejak Sekolah Menengah Pertama (SMP) dirinya sudah belajar membuat kue, membantu ibu tersayang. Lama ke lamaan menjadi hobi baginya.

Makanya saat ingin membuka usaha, wanita murah senyum ini memutuskan untuk membuka kue, yang biasanya dipesan untuk makanan sehari-hari, maupun momen tertentu.

Usaha kue yang dibukanya perlahan-lahan terus berkembang., Selain warga sekitar yang memesan, masyarakat Kabupaten Gorontalo mulai mengenal kue bikinannya. Apalagi memang citarasa dari kue tersebut terus dijaga kelezatannya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved