Brigadir J Tewas

Pakar Ekspresi Curigai Ferdy Sambo Punya Kartu Truf, Sangat Santai Saat Sidang Kode Etik

Sidang Kode Etik terhadap Irjen Pol Ferdy Sambo menarik perhatian untuk menyaksikan dan mengamati keseluruhan sidang yang sedang berlangsung

Editor: Aswin_Lumintang
Youtube Kompas TV
Mantan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Polri, Irjen Ferdy Sambo, ternyata sudah mengajukan surat mundur sebagai anggota kepolisian. Artikel ini telah tayang di TribunBanyumas.com dengan judul Irjen Ferdy Sambo ternyata Telah Mundur sebagai Anggota Polri, https://banyumas.tribunnews.com/2022/08/24/irjen-ferdy-sambo-ternyata-telah-mundur-sebagai-anggota-polri. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA -  Sidang Kode Etik terhadap Irjen Pol Ferdy Sambo menarik perhatian untuk menyaksikan dan mengamati keseluruhan sidang yang sedang berlangsung. Beberapa ahli memberikan pemikirannya terkait keberadaan sang Jenderal saat menghadapi persidangan.

Pakar ekspresi, Kirdi Putra mengatakan ekspresi Ferdy Sambo terlihat santai saat menjalani sidang kode etik di TNCC Divisi Propam Polri, Jakarta Selasa pada Kamis (25/8/2022).

Hal tersebut, katanya, terlihat dari gestur wajah dari Ferdy Sambo.

Eks Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo akan menjalani sidang etik, Kamis (25/8/2022) besok. Sidang etik diketahui akan digelar tertutup.
Eks Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo akan menjalani sidang etik, Kamis (25/8/2022) besok. Sidang etik diketahui akan digelar tertutup. (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

“Samping bibir, di bagian bawah mata, itu terlihat loose. Jadi tidak tampak ada sesuatu tarikan tegang. Jadi bisa ditarik analisa bahwa dia (Ferdy Sambo) dalam kondisi jauh lebih santai dibanding sebelumnya (saat muncul pertama kali),” tuturnya dikutip dari Kabar Siang di YouTube tvOne, Kamis (25/8/2022).

Ketenangan Ferdy Sambo, kata Kirdi, juga nampak dari posisi duduk saat berada di ruang sidang.

“Tapi posisi duduknya terlalu santai buat saya untuk berhadapan dengan sidang dengan rekan-rekan yang pangkatnya lebih tinggi,”jelasnya.

Namun, di balik gestur santai dari Ferdy Sambo, Kirdi justru mempertanyakannya.

Baca juga: Peringatan Dini Besok Jumat 26 Agustus 2022, BMKG: 28 Wilayah Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem

Baca juga: Potret Terbaru Momo Geisha Jadi Sorotan, Gaya Busana Istri Nicola Reza Samudra Curi Perhatian

“Kasus ini sangat besar lho dan menyeret 80 lebih (personel). Dengan hal ini, kok bisa sesantai itu. Ada apakah? Ini masih punya kartu turf kah? atau memang ada sesuatu yang membuat dia santai dan tidak khawatir akan konsekuensi besar yang akan menimpa dia,” paparnya.

Kirdi pun membandingkan dengan ekspresi Ferdy Sambo saat pertama kali muncul pada 4 Agustus 2022 lalu.

Dirinya mengatakan bahwa Ferdy Sambo terlihat tegang ketika didengar dari intonasi suaranya saat berbicara di depan awak media pada saat itu.

 
“Dengan cara penekanan intonasi kata-kata yang disampaikan, itu juga salah satu pendukung dia saat itu dalam kondisi tidak santai,” katanya.

Dengan perbandingan ini, Kirdi menekankan adanya perbedaan signifikan kepada Ferdy Sambo saat pertama kali muncul dengan saat menghadapi sidang etik.

Seperti diketahui, Ferdy Sambo pertama kali muncul ke publik saat mendatangi Bareskrim Polri pada 4 Agustus 2022 dalam rangka pemeriksaan kepada penyidik.

Dikutip dari Kompas TV, Ferdy Sambo juga memberikan pernyataan yaitu permintaan maaf kepada institusi Polri.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved