Sitaro Sulawesi Utara

Pemkab dan DPRD Sitaro Sulawesi Utara Sepakati Rancangan KUA dan Rancangan PPAS Tahun Anggaran 2023

Pemerintah Kabupaten dan DPRD di Kabupaten Sitaro Provinsi Sulawesi Utara Sepakati Rancangan KUA dan Rancangan PPAS Tahun Anggaran 2023

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Rizali Posumah
tribunmanado.co.id/Octavian Hermanses
Penandatanganan nota kesepakatan bersama oleh Bupati Evangelian Sasingen mewakili eksekutif dan Pimpinan DPRD mewakili legislatif, Sitaro, Sulawesi Utara, Kamis (4/8/2022). 

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID - Pemerintah Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) dan DPRD akhir menyepakati Rancangan Kebijakan Umum APBD dan Rancangan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Tahun Anggaran 2023.

Hal itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepakatan bersama oleh Bupati Evangelian Sasingen mewakili eksekutif dan Pimpinan DPRD mewakili legislatif, Sitaro, Sulawesi Utara, Kamis (4/8/2022).

Kesepakatan itu diambil setelah pihak pemerintah daerah bersama DPRD menggelar serangkaian pembahasan sejak draf rancangan KUA dan rancangan PPAS Tahun Anggaran 2023 diajukan ke DPRD.

Bupati Kepulauan Sitaro Evangelian Sasingen, menjelaskan rancangan KUA merupakan dokumen yang memuat kebijakan bidang pendapatan, belanja dan pembiayaan serta asumsi yang mendasarinya untuk priode satu tahun kedepan.

Sedangakan PPAS adalah program prioritas dan batas maksimal anggaran yang diberikan kepada perangkat daerah untuk setiap program kegiatan dan sub kegiatan sebagai acuan dalam penyusunan rencana kerja dan anggaran SKPD.

"Selanjutnya RKA SKPD tersebut akan menjadi bahan penyusunan rancangan APBD tahun 2023," kata Sasingen dalam sambutannya.

Sesuai dengan kesepakatan bersama rancangan KUA dan rancangan PPAS Tahun Anggaran 2023 secara ringkas kerangka acuan makro keuangan daerah yang meliputi pendapatan, belanja dan pembiayaan daerah.

"Selaku kepala daerah, dengan ini saya menyatakan sepakat atas Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara Tahun 2023," ujar bupati.

Ia pun menyanpaikan terima kasih dan penghargaan kepada Pimpinan dan seluruh Anggota DPRD yang telah melakukan pembahasan KUA dan PPAS Tahun Anggaran 2023 sesuai ketentuan perundang - undangan yang berlaku.

"Menjadi harapan kita bersama KUA dan PPAS ini nantinya akan menghasilkan RAPBD yang dapat berfungsi sebagai instrumen dan mewujudkan peningkatan kesejahteraan masyarakat," kuncinya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved