Minahasa Sulawesi Utara

Tahun 2022, Realisasi Sertifikat PTSL di Minahasa Belum Maksimal, Berikut Persyaratannya

Penyaluran Sertifikat Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Minahasa belum maksimal.

Penulis: Mejer Lumantow | Editor: Chintya Rantung
Ist
Penyaluran Sertifikat Program Pendaftaran Tanah Sistemtis Lengkap (PTSL) oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Minahasa belum maksimal. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Penyaluran Sertifikat Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Minahasa belum maksimal.

Ya, dari target 3.500 sertifikat tahun 2022, baru terealisasi sebanyak 500 sertifikat PTSL kepada masyarakat.

Saat dikonfirmasi, Kepala BPN Minahasa Alex Wowiling mengakui, bahwa penyaluran sertifikat PTSL di Minahasa masih jauh dari target.

"Iya, tahun ini memang tahun anggaran 2022, target kita 3.500 sertifikat PTSL, namun baru 500 yang terealisasi," kata Wowiling kepada Tribunmanado.co.id, Senin (25/7/2022).

Ia mengatakan, penyebab belum maksimalnya penyaluran PTSL karena kurangnya animo masyarakat terhadap program ini.

"Padahal kita juga sudah berupaya terjun langsung ke Kecamatan dan Desa untuk membuka pendaftaran kepada masyarakat yang terdata program PTSL ini," ujar Wowiling.

Dijelaskannya, adapun penerima PTSL ini sudah di didaftar dari tahun 2021 yang didata oleh Kepala Desa dan Lurah masing masing.

Selain itu, Program PTSL untuk tahun 2022 ini tersebar di beberapa tempat proses nya dimana Kepala Desa atau Lurah mendata akan warganya.

“Untuk tahun ini yang sudah terealisasi yakni di Desa Kanonang Raya Kecamatan Kawangkoan Barat, Desa Kamangta Kecamatan Tombulu dan Kelurahan Uner Kecamatan Kawangkoan, ” sebut Wowiling.

"Jadi untuk persyaratan mendapatkan program PTSL yakni mempunyai tanah milik sendiri tidak dalam bermasalah hukum dan harus jelas keberadaannya," tambah Wowiling menegaskan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved