Berita Bolmong

2 Kali tak Hadir Saat LKPJ, DPRD Rekomendasikan Kepala Dinas PMD Bolmong Diganti

Salah satu catatannya adalah meminta Bupati Bolmong Yasti Mokoagow, untuk mengevaluasi bahkan mengganti Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa.

Penulis: Nielton Durado | Editor: Handhika Dawangi
Foto Istimewa/DPRD Bolmong.
Rapat paripurna penyampaian rekomendasi Pansus terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Bolmong Tahun 2021. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolmong, telah melakukan Rapat Paripurna penyampaian rekomendasi Pansus terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Bolmong Tahun 2021.

Kurang lebih ada 13 catatan yang menjadi rekomendasi kepada Bupati Bolmong Yasti Mokoagow, yang digelar di ruang paripurna DPRD Bolmong, Kamis 28 April 2022 sore.

Salah satu catatannya adalah meminta Bupati Bolmong Yasti Mokoagow, untuk mengevaluasi bahkan mengganti Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) yakni Abdussalam Bonde.

Permintaan pergantian Kadis PMD Bolmong ini juga dibacakan oleh salah satu anggota Pansus LKPJ DPRD Bolmong Satira Manoppo.

DPRD menilai ketidakhadiran Kadis PMD Bolmong Abdussalam Bonde, sebanyak dua kali saat LKPJ merupakan sebuah pelecehan.

"Ketidakhadiran Kepala Dinas Pembedayaan Masyarakat Desa (PMD) setelah dua kali dilayangkan undangan, maka kami merekomendasikan untuk dievaluasi bahkan dapat diganti," ujar Safira Manoppo.

DPRD menilai jika Kadis PMD Bolmong tidak ada niatan untuk memberikan penjelasan, atau klarifikasi, berhubungan dengan laporan pertangungjawaban Bupati tahun anggaran 2021.

"Maka daripada itu, kami meminta agar yang bersangkutan segera diganti," ujar Satira.

Hal senada diungkapkan oleh anggota DPRD Bolmong lainnya yakni Supandri Damogalad.

Ketika ditemui usia paripurna, Supandri mengatakan jika ketidakhadiran Kadis PMD Bolmong memanglah sebuah pelecehan bagi institusi DPRD Bolmong.

"Ada banyak sekali masalah yang harus diklarifikasi. Tapi karena ketidakhadiran yang bersangkutan, maka permasalahan ini tak kunjung selesai," ungkapnya.

Supandri menegaskan jika sangat penting seorang kepala dinas hadir dalam LKPJ Bupati.

"Karena kepala dinas adalah yang paling tahu apa saja problem dan program yang ada di SKPD tersebut," tegas dia.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Bolmong Abdussalam Bonde mengatakan jika tak ada unsur kesengajaan dari ketidakhadiran dirinya saat LKPJ baru-baru ini.

Saat dihubungi Tribunmanado.co.id, Jumat 29 April 2022 Abdussalam Bonde mengatakan jika pada saat undangan LKPJ pertama dirinya berada di Manado karena tugas luar.

"Saya harus ke Manado karena harus berkonsultasi dengan Dinas PMD Sulut tentang masalah Sangadi. Jadi memang tak bisa hadir," ujarnya.

Sedangkan LKPJ yang kedua, dirinya sedang mengikuti Safari Ramadhan bersama Bupati Bolmong.

"Waktu itu ada Safari Ramadhan. Selain itu saya juga tak diberitahu bila ada Pansus, nanti sudah subuh baru saya tahu jika ada undangan pansus," tandasnya. (Nie)

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved