Berita Mitra

Kerusakan Rumah Akibat Banjir di Belang Mitra Capai Rp 120 Juta

Sekitar 14 rumah diperkirakan mengalami rusak berat dan ringan yang tersebar di lima desa, yakni Buku Selatan, Belang, Buku Utara, Buku Tengah.

Penulis: Kharisma Kurama | Editor: Rizali Posumah
tribunmanado.co.id/Kharisma Kurama
Data dari Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Minahasa Tenggara (Mitra), estimasi kerugian dampak bencana banjir dan tanah longsor di Kecamatan Belang berkisar Rp120 juta. 

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID - Berdasarkan data dari Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Minahasa Tenggara (Mitra), estimasi kerugian dampak bencana banjir dan tanah longsor di Kecamatan Belang berkisar Rp120 juta.

Sekitar 14 rumah diperkirakan mengalami rusak berat dan ringan yang tersebar di lima desa, yakni Buku Selatan, Belang, Buku Utara, Buku Tengah, dan Ponosakan Indah.

“Estimasi kerugian diperkirakan sekitar Rp120 juta rupiah. Rumah-rumah tersebut sebagian besar milik sendiri dan hanya dua rumah yang milik orang lain,” ungkap Kepala Dinas Perkim Mitra, Novie Legi, melalui Kepala Bidang Perumahan dan Pemukiman, Franky Ngongoloy, Kamis (14/2/2022).

Diungkapkannya, rumah-rumah tersebut 4 di antaranya rumah permanen, 1 semi permanen, dan sisanya non permanen.

“Sebagian besar kerusakan karena dinding yang terbuat dari bahan kayu dan tripleks. Beberapa rumah kategori permanen juga ada yang dinding dapur masih terbuat dari kayu dan tripleks,” jelasnya.

Adapun salah satu rumah rusak berat, yakni di Desa Buku Selatan karena tergenang air dan lumpur, serta kerusakan berat pada seluruh dinding rumah yang terbuat dari material kayu dan tripleks dengan estimasi kerugian sekitar Rp35 juta.

Sedangkan satu rumah lainnya di Desa Belang dikategorikan rusak berat karena tertimpa longsoran dan pohon yang tumbang dengan estimasi kerugian sekitar Rp25 juta.

“Dua rumah yang masuk kategori rusak berat tersebut adalah rumah non permanen, di mana satu di antaranya, yakni di Desa Belang bukan milik sendiri,” tutupnya.

Bupati Bolmut Depri Pontoh Rotasi Pejabat Administrator dan Fungsional

Pantas Tatang Koswara Sniper Disegani Dunia, Ternyata Sudah Bunuh Pasukan Fretilin Sebanyak Ini

Bentara Budaya Gelar Pameran Seni Rupa Karya 46 Perupa Perempuan


 
 

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved