Breaking News:

Berita Sitaro

Enam Rumah di Sitaro Dilaporkan Rusak Akibat Cuaca Ekstrem

Data yang diperoleh tribunmanado.co.id mencatat, sebanyak enam unit rumah warga di wilayah Siau mengalami kerusakan ringan, sedang dan berat.

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Rizali Posumah
BPBD Sitaro
Rumah di wilayah Siau yang rusak akibat cuaca buruk. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Cuaca ekstrem angin kencang disertai hujan intensitas sedang hingga lebat melanda wilayah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro).

Hal ini menimbulkan dampak kerusakan sejumlah bangunan di kabupaten tersebut. 

Data yang diperoleh tribunmanado.co.id mencatat, sebanyak enam unit rumah warga di wilayah Siau mengalami kerusakan ringan, sedang dan berat.

Tak hanya itu, sebagaimana laporan Tim Reaksi Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (TRC BPBD) Sitaro, tercatat sebanyak 20 jiwa penghuni enam rumah yang rusak itu harus mengungsi ke rumah kerabat mereka.

Dari 20 jiwa yang mengungsi tersebut, terdapat seorang balita dan seorang lanjut usia atau lansia serta salah seorang warga yang harus menjalani penanganan medis di Puskesmas Ulu Siau akibat luka serius yang dialami di bagian kepala.

Sekretaris BPBD Kabupaten Sitaro, Ronny Romansyah mengatakan, setelah dilakukan pendataan secara menyeluruh berdasarkan laporan yang diterima, didapati sebanyak enam rumah warga mengalami kerusakan akibat cuaca buruk.

"Ada yang atap rumahnya rusak karena tiupan angin, ada juga rumah yang rusak karena tertimpa pohon tumbang," terang Romansyah.

Bupati Kepulauan Sitaro, Evangelian Sasingen pun menyatakan rasa prihatinya terhadap musibah yang dialami sejumlah masyarakat.

Atas peristiwa ini, bupati meminta jajarannya untuk bergerak cepat melakukan penanganan dengan membantu masyarakat yang rumahnya mengalami kerusakan.

"Secepatnya ambil langkah untuk membantu masyarakat. Ini menjadi tanggung jawab kita bersama dalam hal penanganan bencana," ujar Sasingen.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved