Berita Nasional

CATAT INI! Aturan Lengkap Perjalanan Libur Nataru untuk Transportasi Darat

Dalam aturan perjalanan darat terbaru, masyarakat yang hendak bepergian wajib menunjukkan sertifikat vaksin hingga surat antigen negatif.

(KOMPAS.com/AGIE PERMADI)
Penumpukan kendaraan terjadi saat petugas melakukan penyekatan di depan Gerbang Tol Pasteur, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (6/7/2021). Selama PPKM Darurat, Kota Bandung tertutup bagi warga dari luar wilayahnya, hal tersebut dilakukan untuk menekan mobilitas masyarakat dan mengurangi penyebaran Covid-19. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Aturan perjalanan darat terbaru penting diketahui menjelang libur Natal dan Tahun baru (Nataru) mendatang.

Pasalnya, pemerintah menyesuaikan sejumlah aturan untuk membatasi pergerakan masyarakat di libur Nataru.

Dalam aturan perjalanan darat terbaru, masyarakat yang hendak bepergian wajib menunjukkan sertifikat vaksin hingga surat antigen negatif.

Mereka pun diharuskan membawa surat keterangan dari RT/RW setempat.

Tak Pandang Bulu, Polda Jatim Tetapkan Bripda Randy Pacar Novia Widyasari Tersangka Kasus Aborsi

Petugas Ditlantas Polda Lampung memeriksa kelengkapan syarat perjalanan bagi pengendara di Jalan Tol Lampung.
Petugas Ditlantas Polda Lampung memeriksa kelengkapan syarat perjalanan bagi pengendara di Jalan Tol Lampung. ((Dok Ditlantas Polda Lampung))

Jelang libur Natal 2021 dan tahun baru 2022 (Nataru), pemerintah resmi mengeluarkan aturan terkait aktivitas dan mobilitas masyarakat yang tertuang dalam Surat Edaran (SE) Satgas Penangananan Covid-19 Nomor 24 Tahun 2021.

Dalam regulasi yang ditetapkan pada 29 November 2021 tersebut, ada beberapa ketentuan baru sebagai langkah pembatasan mobilitas yang berguna mencegah timbulnya kasus Covid-19.

Adapun untuk aturan mainnya dimulai dari 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022.

Namun demikian, dalam SE 24 juga dijelaskan bila ada masa transisi yang akan dilakukan sebelum regulasinya dijalankan yakni pada H-7 hingga H+7 periode Nataru.

Hal ini tertuang pada poin G (d) dengan bunyi :

"Dalam rangka masa transisi dan pengondisian mobilitas masyarakat selama periode Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, penerapan penegakan pengaturan, pengendalian, serta pengawasan mobilitas sebagaimana dimaksud pada angka 1.c. dilakukan selama H-7 sebelum hingga H+7 setelah periode Natal 2021 dan Tahun Baru 2022."

Mengacu dari hal tersebut, penegakan pengaturan, pengendalian, serta pengawasan mobilitas yang berupa kegiatan random testing skrining covid-19 melalui posko check point di daerah sudah dimulai sejak 17-23 Desember 2021 dan 3-9 Januari 2022.

Sementara untuk aturan perjalanan transportasi darat, baik kendaraan pribadi, transportasi umum, sampai logistik sebagai berikut :

- Untuk pembatasan mobilitas masyarakat bakal diterapkan sistem ganjil genap di wilayah aglomerasi, Ibukota Provinsi, area tempat wisata, dan wilayah lainnya yang disesuaikan dengan peningkatan mobilitas daerah tersebut.

- Masyarakat yang akan melakukan perjalanan darat, baik menggunakan transportasi umum atau pribadi wajib mematuhi aturan yang berlaku selama periode Nataru, sebagaimana tertuang dalam SE Satuan Tugas Penanganan Covid-19 No.22 Tahun 2021 Tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved