Liga 1

Sosok Elwizan Aminuddin, Dokter Tim PSS Sleman yang Ternyata Gadungan, Sempat Menjadi Dokter Timnas

Dugaan itu mencuat lantaran yang bersangkutan tidak terdaftar di Konsil Kedokteran Indonesia (KKI), Ikatan Dokter Indonesia (IDI), maupun PDDikti.

Dokumentasi PSS Sleman
Dokter PSS Sleman, Elwizan Aminuddi 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Viral di media sosial cuitan seorang netizen di media sosial kala membongkar praktik dokter palsu alias gadungan.

Dokter yang dimaksudkan sebagai dokter tim di klub Liga 1, PSS Sleman.

Sosok Elwizan Aminuddin yang selama ini dikenal sebagai dokter tim PSS Sleman diduga merupakan dokter palsu.

Dugaan itu mencuat lantaran yang bersangkutan tidak terdaftar di Konsil Kedokteran Indonesia (KKI), Ikatan Dokter Indonesia (IDI), maupun PDDikti.

Dilansir Tribun Jogja, mencuatnya skandal ini pertama kali dicuitkan oleh seorang dokter Muhammad Iqbal Amin melalui akun twitter pribadinya.

Ramalan Zodiak Cinta Besok Jumat 3 Desember 2021: Cancer Lagi Pendekatan, Hubungan Aquarius Romantis

Dokter PSS Sleman, Elwizan Aminuddin, saat memantau latihan pemain PSS di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jawa Barat.
Dokter PSS Sleman, Elwizan Aminuddin, saat memantau latihan pemain PSS di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jawa Barat. (dok.istimewa/PSS Sleman)

"Another Fraudster, kali ini korbannya @PSSleman, konon ybs sempat jadi Dokter Timnas. Buat instansi yg mau ngerekrut dokter, lain kali cek n ricek ke situs Cek dokter di @kkigoid http://kki.go.id," cuit dokter spesialis penyakit jantung dan pembuluh darah ini melalui akun twitter pribadinya, @iqbalamin89, Rabu (1/12/2021) dikutip dari Tribun Jogja.

Unggahan tersebut turut mendapat tanggapan dari dr. Tirta Mandira Hudhi atau yang dikenal dr. Tirta, dokter, pengusaha, sekaligus dikenal sebagai influencer.

"Ini kasusnya gimana ya ndan? Ngaku dokter? Atau dokter str ga aktif?," cuit dr. Tirta melalui akun pribadinya, @tirta_cipeng.

Dokter Iqbal Amin lantas menjawab pertanyaan dr. Tirta, dengan menyatakan bahwa dokter tim PSS, yakni Elwizan Aminuddin merupakan dokter palsu, lantaran tidak memiliki STR dokter (Surat Tanda Registrasi), tidak terdaftar di  IDI (Ikatan Dokter Indonesia) manapun, tidak terdaftar di PDDikti (Pangkalan Data Pendidikan Tinggi) apalagi di KKI ( Konsil Kedokteran Indonesia).

"Profesi dokter memang salah satu profesi yang menjanjikan, wajar saja ada sebagian yang memanipulasi demi kepentingan pribadi," ujar Iqbal Amin melalui direct message kepada Tribun Jogja.

Menilik rekam jejaknya, PSS bukanlah klub yang pertama kali bekerja sama dengan Elwizan Aminuddin, termasuk salah satu tim elite di Liga 1, Bali United.

Sebab, pria yang mengaku lulusan Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) ini sempat menjadi dokter tim Barito Putera, Bali United, Sriwijaya FC Kalteng Putra, Tira Persikabo bahkan Timnas Indonesia.

Merespon hal ini, Direktur Utama PT Putra Sleman Sembada (PSS), Andywardhana Putra mengatakan saat ini sedang menelusuri terkait yang mengeluarkan ijazah, sertifikat kompetensi, Surat Keterangan Registrasi (STR), dan Surat Izin Praktek (SIP) dari Elwizan Aminudin.

Sekarang posisinya dia sudah mengajukan pengunduran diri kemarin, dan memang sekarang sudah sekitar hampir dua pekan dia tidak mendampingi tim karena katanya mau mengurus ibunya yang sakit. Dan kita (manajemen PSS) sedang melakukan klarifikasi kepada pihak-pihak yang terkait dengannya, supaya kita bisa ambil tindakan seperti apa." kata Andy saat dihubungi Tribun Jogja, Kamis (2/12/2021).

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved