Breaking News:

Berita Sitaro

Sitaro Catat Tiga Kasus HIV/AIDS di 2021, Meningkat Dibandingkan Tahun 2020

Di tahun 2020 lalu hanya terdapat satu kasus HIV/AIDS dan jumlah itu bertambah di tahun 2021 ini menjadi tiga kasus.

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Rizali Posumah
tribunmanado.co.id/Octavian Hermanses
Kepala Bidang Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Sitaro, Conny Bawotong. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Peningkatan kasus HIV/AIDS terjadi di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) selang dua tahun terakhir ini.

Data yang diperoleh tribunmanado.co.id mencatat, di tahun 2020 lalu hanya terdapat satu kasus HIV/AIDS dan jumlah itu bertambah di tahun 2021 ini menjadi tiga kasus.

Kepala Bidang Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Sitaro, Conny Bawotong mengatakan, sejauh ini penanganan bagi pengidap HIV/AIDS masih dilakukan oleh pihak Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Prof. Dr. R. D. Kandouw Malalayang Manado.

"Setiap pasien HIV yang ditangani oleh RS Kandouw akan didata dan diteruskan ke Dinas Kesehatan kabupaten dan kota termasuk Sitaro," ungkap Bawotong, Kamis (3/12/2021).

Saat ini, lanjutnya, Dinas Kesehatan maupun Rumah Sakit Umum Daerah yang ada di Kabupaten Sitaro belum bisa melakukan pendataan maupun penanganan terhadap para penderita HIV/AIDS tersebut.

"Semua masih ditangani langsung oleh RS Kandouw, termasuk terapi pengobatan Antiretroviral atau ARV," kata Bawotong.

Meski demikian, sebagai upaya pencegahan penyebaran HIV/AIDS di Sitaro, Bawotong bilang mulai 2022 mendatang, pihaknya telah menyiapkan program skrining bagi ibu-ibu hamil maupun penderita Tuberkulosis.

"Tahun depan kita akan menyiapkan alat pemeriksaan untuk mendeteksi gejala HIV/AIDS pada ibu-ibu hamil dan pasien tuberkulosis," ungkap Bawotong.

Langkah ini, kata Bawotong merupakan bagian dari upaya pemerintah daerah untuk menekan penyebaran HIV/AIDS yang di tahun 2021 ini terdapat tiga kasus.

"Ketika dari proses skrining didapati adanya gejala HIV, maka pemerintah melalui Dinas Kesehatan akan mengambil langkah penanganan," kuncinya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved