Breaking News:

Berita Sitaro

Pengadaan Guru di Sekolah-Sekolah Swasta di Sitaro Masih Ditangani Pemerintah Daerah

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) terus membuka peluang pengadaan tenaga Guru.

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Rizali Posumah
tribunmanado.co.id/Octavian Hermanses
Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sitaro, Budiarto Mukau. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Keberadaan Tenaga Pendidik atau Guru menjadi bagian penting dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan di setiap daerah.

Menyadari akan hal itu, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) terus membuka peluang pengadaan tenaga Guru melalui perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Hingga saat ini, tercatat jumlah Guru yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kabupaten Sitaro mencapai 781 orang.

Namun demikian, jumlah tersebut dinilai belum cukup untuk memenuhi kebutuhan sekolah-sekolah negeri yang ada di Sitaro dalam melakukan Kegiatan Belajar Mengajar atau KBM.

Menurut Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sitaro, Budiarto Mukau, persoalan mendasar yang menjadi penyebab belum terpenuhinya kebutuhan sekolah negeri dikarenakan dalam hal penempatan tenaga pendidik di sekolah swasta masih ditangani oleh pemerintah daerah.

"Jika melihat jumlah yang ada sebenarnya sudah cukup untuk pengisian guru di sekolah-sekolah negeri.

Tapi persoalannya tenaga pendidik di sekolah-sekolah swasta masih diisi oleh guru-guru PNS," ungkap Mukau, Kamis (3/12/2021).

Dia menerangkan, total jumlah sekolah swasta atau yang dikelola oleh yayasan semisal GMIST mencapai 62 sekolah, dengan rincian SD sebanyak 60 sekolah dan SMP dua sekolah.

"Justru untuk SD lebih banyak sekolah swasta. Karena SD negeri di seluruh Sitaro hanya 43 sekolah. Jadi dari pusat hanya mendata untuk 66 sekolah negeri," beber Mukau.

Menyiasati persoalan tersebut, Pemkab Sitaro melalui Dinas Pendidikan mengakomodir 340 guru honorer melalui program Sitaro Mengajar untuk diperbantukan di seluruh sekolah yang ada di Kabupaten Sitaro.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved