Breaking News:

Berita Sitaro

BPBD Sitaro Siapkan Langkah Antisipasi Dampak Cuaca Ekstrem

Di mana disebutkan bahwa Sitao sebagai salah satu daerah yang berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Rizali Posumah
tribunmanado.co.id/Octavian Hermanses
Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Sitaro, Joicson Sagune. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas II Sam Ratulangi Manado mengeluarkan peringatan dini tujuh harian Provinsi Sulawesi Utara.

Dalam surat yang ditandatangani Koordinator Operasional Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi, Ben Arther Molle itu tercantum daerah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro).

Di mana disebutkan bahwa Sitao sebagai salah satu daerah yang berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

Menindaklanjuti peringatan tersebut, pemerintah daerah melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sitaro telah mengambil sejumlah langkah guna antisipasi dampak buruk dari cuaca esktrem.

"Kita sudah sempat menyampaikan surat himbauan terkait peringatan dini cuaca buruk yang dikeluarkan BMKG Sulawesi Utara. Kemarin juga sudah ada surat penegasan menindaklanjuti himbauan dari pemerintah provinsi," ungkap Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Sitaro, Joicson Sagune saat ditemui tribunmanado.co.id Rabu (1/12/2021) di ruang kerjanya.

Menurut Sagune, dalam mengantisipasi dampak cuaca ekstrem, pihaknya telah melakukan identifikasi terhadap berbagai hal yang dibutuhkan dalam rangka penanggulangan bencana alam.

"Khusus untuk BPBD, kita memang ditugaskan mengidentifikasi kesiapan logistik, seperti personil, peralatan termasuk lokasi evakuasi apabila terjadi bencana alam yang menimbulkan adanya warga pengungsi," terang Sagune.

Untuk tempat evakuasi, Sagune bilang pihaknya telah menyiagakan gedung Selter yang berlikasi di kompleks rumah dinas Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kelurahan Paseng serta gedung Balai Latihan Keterampilan (BLK) di wilayah Tagulandang.

"Selain tempat evakuasi, kami juga telah mendata peralatan-peralatan yang dimiliki pemerintah daerah, khususnya BPBD dalam rangka penanggulangan bencana alam," ujar Sagune.

Disamping tempat evakuasi dan peralatan, pihak BPBD Sitaro juga telah melakukan pengecekan personil yang akan dilibatkan dalam hal penanggulangan bencana alam sebagai dampak cuaca buruk saat ini.

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved