Breaking News:

News Analysis

Terkait Dinamika Internal Partai Golkar, Ini Kata Pengamat Politik Sulut

PG dikenal diisi sejumlah kader yang memiliki jam terbang tinggi, sehingga dinamika semakin kuat karena bersinggungan dengan kepentingan antar faksi.

Penulis: Mejer Lumantow | Editor: Rizali Posumah
tribunmanado.co.id/Arthur Rompis
Taufik Tumbelaka 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - "Partai Golkar (PG) adalah salah satu partai politik yang memiliki dinamika politik (parpol) internal paling tinggi."

Demikian dikatakan Pengamat Politik Sulut Taufik Tumbelaka terkait situasi internal Partai Golkar Sulut

kata dia, ini dikarenakan ada banyak faksi dan PG tidak memiliki semacam Patron seperti parpol lain.

"Semisal PDI Perjuangan dengan Patronnya Megawati, Gerindra dengan Patronnya Prabowo, Partai Demokrat dengan Patronnya SBY," ujar dia, 

Selain itu kepengurusan PG dikenal diisi sejumlah kader yang memiliki jam terbang tinggi, sehingga dinamika semakin kuat karena bersinggungan dengan kepentingan antar faksi.

Kata Tumbekaka, menariknya Golkar ditingkat pusat dinamika mulai mengurang dikarenakan terjadi semacam kompromi politik antar faksi dibawah kepemimpinan Airlangga Hartarto (AH).

"Dinamika PG ditingkat pusat juga terasa di PG Sulut, dimana terjadi benturan antar faksi sehingga harmoni politik internal beberapa kali terlihat jelas bahkan sampai di Pilkada Sulut beberapa waktu lalu," jelas Tumbelaka. 

Lanjutnya, Konsekuensi logis dari dinamika politik yang terlalu kuat tentu adalah melemahnya kekuatan politik PG di Sulut. 

Hal ini terkait erat dengan salah satu fungsi parpol adalah manajemen konflik menyatakan fungsi parpol ada 4, komunikasi politik, sosialisasi politik, rekrutmen politik dan manajemen konflik.

"Masalah manajemen konflik khususnya diinternal parpol selalu menjadi tantangan tersendiri dan ini seakan menjadi pekerjaan rumah (PR) tersendiri bagi PG Sulut," sebut Tumbelaka. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved