Berita Tomohon

Pemkot Tomohon Sosialisasikan Tentang Pentingnya Nilai Luhur Bangsa

Pemerintah Kota Tomohon menggelar sosialisasi tentang peningkatan kesadaran masyarakat akan nilai-nilai luhur bangsa.

Penulis: Hesly Marentek | Editor: Rizali Posumah
Humas Pemkot Tomohon
Wakil Wali Kota Tomohon Wenny Lumentut saat membuka kegiatan sosialisasi peningkatan kesadaran masyarakat akan nilai-nilai luhur bangsa. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado -- Kesadaran akan nilai luhur bangsa sangat penting.

Untuk itu, Pemerintah Kota Tomohon menggelar sosialisasi tentang peningkatan kesadaran masyarakat akan nilai-nilai luhur bangsa.

Kegiatan yang digelar di Welu, Kecamatan Tomohon Barat, Rabu (24/11/2021), mengangkat tema Pembumian Pancasila.

Kegiatan yang digagas Badan Kesbangpol Kota Tomohon ini dibuka langsung Wakil Wali Kota Tomohon Wenny Lumentut.

Wenny Lumentut menyebut selaku Pemerintah menyambut baik pelaksanaan kegiatan ini.

Sehingga diharapkan nanti besar para generasi muda Kota Tomohon untuk menjadikan nilai-nilai luhur Budaya Bangsa dan Pancasila sebagai pedoman dasar hidup berbangsa dan bernegara terlebih dalam pembangunan Kota Tomohon.

"Saya atas nama pemerintah dan masyarakat Kota Tomohon menyambut baik di serta rasa bangga atas pelaksanaan kegiatan ini.

Karena ini sebagai bagian dari upaya pemerintah untuk mempertebal patriotisme atau cinta terhadap tanah air," kata Wawali Wenny Lumentut saat membawakan sambutan Wali Kota Tomohon.

Lebih lanjut Wenny Lumentut menyebut ungkapan patriotisme atau cinta tanah air telah mengalami pergeseran makna, sejalan dengan derasnya arus informasi dan desakan demokrasi.

Yang dimaksud bahwa patriotisme bukan lagi berperang dengan mengangkat senjata seperti pada masa perjuangan merebut kemerdekaan secara fisik.

"Patriotisme diartikan sebagai cinta tanah air, negara, dan bangsa dengan mengaktualisasikan, menjauhkan tindakan yang dapat merugikan persatuan dan solidaritas sesama anak bangsa," sebutnya.

Selain itu, pembumian Pancasila ini merupakan suatu usaha yang dilakukan untuk mengembalikan dan menjadikan Pancasila sebagai pedoman dasar hidup masyarakat Indonesia dalam kehidupan sehari-hari.

Ini perlu karena semakin melemahnya penghayatan terhadap nilai-nilai Pancasila akibat dari ketidakmampuan dalam mengatasi tantangan dan untuk menyadarkan kembali tentang keberadaan nilai-nilai Pancasila yang sesungguhnya mungkin telah dilupakan.

"Kegiatan sosialisasi ini merupakan salah satu program penguatan rasa kebangsaan bagi anak-anak negeri sebagai simbol perjuangan bangsa, sebagai pemicu jiwa militansi untuk menghalau segala upaya yang akan merusak rasa persatuan, kebersamaan di tengah-tengah keberagaman.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved