Breaking News:

Berita Sitaro

Polres Kepulauan Sitaro Gelar Simulasi Pengamanan TPS Jelang Pilkades Serentak

Aksi pencurian kotak suara terjadi saat proses pemungutan suara pada pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Sitaro

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Chintya Rantung
Octavian Hermanses/Tribun manado
Petugas keamanan berhasil menangkap seseorang yang mencoba mencuri kotak suara dari TPS 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Aksi pencurian kotak suara terjadi saat proses pemungutan suara pada pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Senin (22/11/2021).

Beruntung, kesigapan petugas keamanan yang berjaga di Tempat Pemungutan Suara (TPS) berhasil mencegah aksi pelaku yang hendak membawa kabur kotak suara.

Berdasarkan kronologis kejadian yang diperoleh tribunmanado.co.id menyebut, awalnya proses pemungutan suara berjalan lancar hingga beberapa saat kemudian, ada oknum warga yang diduga telah dipengaruhi minuman keras mencoba mencuri kotak suara.

Melihat aksi tersebut, dua anggota polisi dibantu aparat dari TNI dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) langsung mengejar dan menangkap pelaku di sekitar lokasi TPS.

Pelaku pun diserahkan kepada petugas keamanan yang sedang berpatroli untuk diamankan di kantor polisi terdekat guna proses hukum selanjutnya.

Demikian skenario yang dibuat oleh Polres Kepulauan Sitaro dalam simulasi pengamanan TPS jelang pelaksanaan pilkades serentak yang rencananya akan dilangsungkan 24 November mendatang.

Simulasi yang berlangsung di Taman Pala kantor bupati itu disaksikan langsung Wakil Bupati John Palandung bersama jajaran Forkopimda dan sejumlah pejabat daerah.

Kapolres Kepulauan Sitaro, AKBP Hansjen Ratag yang memimpin langsung jalannya simulasi pengamanan menegaskan, kesigapan aparat sangat dibutuhkan untuk mengantisipasi potensi-potensi gangguan keamanan dan ketertiban seperi yang disimulasikan itu.

"Segala sesuatu harus kita antisipasi. Makanya dalam menjalankan tugas pengamanan nanti, setiap petugas harus sigap dan bertanggungjawab dengan apa yang ditugaskan," ujar Ratag.

Dia menambahkan, untuk mengoptimalkan pengamanan pada pesta demokrasi masyarakat kampung nanti, pihaknya mendapatkan bantuan pengamanan dari Polda Sulawesi Utara sebanyak 30 personil.

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved