Breaking News:

Berita Minahasa

Kunjungi Ditjen SDA Kementerian PUPR, Bupati Minahasa Bahas Penanganan Enceng Gondok

Bupati Royke Roring menyampaikan program Pemerintah Kabupaten Minahasa yang fokus dengan pemberantasan enceng gondok khususnya di Danau Tondano

Penulis: Majer Lumantow | Editor: Chintya Rantung
IST
Bupati Minahasa, Dr Ir Royke Octavian Roring, MSi melakukan koordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI melalui Direktorat Bina Operasi Wilayah III Ditjen Sumber Daya Air, Rabu (17/11/2021). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Bupati Minahasa, Dr Ir Royke Octavian Roring, melakukan koordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI melalui Direktorat Bina Operasi Wilayah III Ditjen Sumber Daya Air, Rabu (17/11/2021).

Kunjungan tersebut diterima langsung Kasubdit Wilayah III, Ir. Mohamad Kontra Nizam L, Sp-1, dikantor Ditjen Bina Operasi.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Royke Roring menyampaikan program Pemerintah Kabupaten Minahasa yang fokus dengan pemberantasan enceng gondok khususnya di Danau Tondano.

"Berbagai program memang sudah dilaksanakan sejak Tahun 2020 tetapi untuk tindaklanjutnya ke depan kita sangat membutuhkan dukungan pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian PUPR dan pemerintah Provinsi Sulawesi Utara tentunya termasuk skema pemeliharaan danau Tondano itu sendiri yang memang harus berkelanjutan," jelas Bupati Royke Roring.

Terkait hal itu, lanjut Bupati, dirinya bermohon kiranya Pemkab Minahasa dapat dibantu dalam pengadaan speed boat dan eskavator untuk pemberantasan dan pengangkatan enceng gondok serta pemeliharaan Danau Tondano.

"Semoga usulan kami bisa diterima dan diusulkan dalam APBN," kata Bupati Minahasa yang direspons dengan baik oleh Kasubdit Wilayah III Direktorat Bina Operasi.

Sementara itu, dalam kesempatan sebelumnya, Bupati Minahasa, yang didampingi Kepala Dinas Perkim, Ir. Like Pangouw dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Teddy Lumintang, ST berkoordonasi dengan Direktur Sungai dan Pantai Ditjen Sumber Daya Air (SDA) Kementerian PUPR, Ir. Bob Lombogia, M.Si terkait penanganan dan pembagunan di Sungai dan Anak Sungai Tondano serta Pantai Timur dan Barat Minahasa yang memiliki potensi alam yang besar.

"Disitu kita membahas soal penyehatan lingkungan pemukiman, pengembangan kawasan pemukiman, penyediaan air minum maupun pengembangan sistem drainase," ungkap Bupati.

Dirinya berharap program-program ini mendapatkan dukungan dari Kementerian PUPR di masing-masing Ditjen terkait," tutup upati ROR. 

Tentang Minahasa

Kabupaten Minahasa adalah salah satu kabupaten yang berada di provinsi Sulawesi Utara, Indonesia.

Ibu kota kabupaten ini terletak di Kota Tondano, dengan luas wilayah kabupaten 1.025,85 km².

Kabupaten Minahasa memiliki 25 kecamatan, 43 kelurahan dan 227 desa (dari total 171 kecamatan, 332 kelurahan dan 1.507 desa di seluruh Sulawesi Utara.

Saat ini Kabupaten Minahasa dipimpin oleh Bupati Royke Octavian Roring dan Wakil Bupati Robby Dondokambey. (Mjr)

Baca juga: Kabar Tsania Marwa, Hingga Kini Belum Bisa Bertemu Anak Padahal Sudah Menangkan Hak Asuh

Baca juga: Penampakan Rumah Mewah Titi Kamal dan Christian Sugiono Pasangan Artis yang Dikenal Tajir

Baca juga: Bhante Dhammavuddho: Ciptakan Kerukunan di Masyarakat Jadi Tujuan Akhir Seorang Biksu

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved