Breaking News:

Berita

Bhante Dhammavuddho: Ciptakan Kerukunan di Masyarakat Jadi Tujuan Akhir Seorang Biksu

Bhante Dhammavuddho lahir di Makassar tapi besar di Kota Manado kemudian lanjut sampai menikmati masa kecil mulai dari SD hingga SMA di Manado.

Penulis: Andreas Ruauw | Editor: Rizali Posumah
Tribunmanado.co.id/Andreas Ruauw
Bhante Dhammavuddho, Biksu di Vihara Dhammadipa Manado. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, ManadoMenjaga kerukunan di dalam masyarakat merupakan tugas setiap orang, namun bagi Bhante Dhammavuddho sebagai Biksu di Vihara Dhammadipa Manado menjadi sebuah tanggungjawab.

Dan tanggungjawabnya sebagai seorang rohaniawan bermula saat dirinya masi muda.

Bhante Dhammavuddho lahir di Makassar tapi besar di Kota Manado kemudian lanjut sampai menikmati masa kecil mulai dari sekolah SD, SMP dan SMA hingga lulus di Kota Manado.

Nanti saat kuliah barulah dia keluar ke Jakarta dan lanjut menyelesaikan studi hingga bekerja juga di Jakarta, hingga satu saat punya keinginan untuk menjadi seorang Bhante.

"Menjadi seorang Bhante karena saya termotivasi dengan semboyan dari Minahasa yang yaitu Sitou Timou Tumou Tou, yang artinya manusia hidup untuk memanusiakan manusia lain," ucapnya, Rabu (17/11/2021).

Bhante mengaku, berhenti dari pekerjaannya di Jakarta sebagai text consultan karena ingin lebih banyak menolong orang tanpa harus dibayar.

"Jadi mungkin ini menjadi kesempatan saya untuk membantu orang agar bisa memanusiakan orang lain lebih terbuka," pungkasnya.

Lanjutnya, untuk menjadi seorang Bhante, kita harus punya tekat yang kuat dan siap secara mental, karena Bhante itu artinya keluar dari rumah.

"Dimana kita sebagai rohaniawan harus keluar dari zona nyaman kita untuk melayani menyebarkan kebaikan kepada seluruh makhluk hidup yang ada di muka bumi, meski berbagai rintangan harus kita hadapi," katanya.

Sebagai seorang biksu harus siap melepas hal-hal duniawi seperti berkeluarga, gaya hidup hingga perilaku yang lama harus ditinggalkan dan berfokus kepada kehidupan spiritual.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved