Breaking News:

Berita Boltim

Kanwil Kemenag Sulut Segera Pecat Penyuluh Agama Non PNS di Boltim yang Siram Air Panas ke Istrinya

Kementerian Agama segera memberhentikan Penyuluh Agama Non PNS berinisial AD yang diduga melakukan tindak Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT)

Penulis: Nielton Durado | Editor: Chintya Rantung
IST/Kemenag Bolmong
Kepala Kanwil Kemenag Sulut Anwar Abubakar 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Kementerian Agama segera memberhentikan Penyuluh Agama Non PNS berinisial AD yang diduga melakukan tindak Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) di Kecamatan Nuangan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Sulawesi Utara.

Kepala Kanwil Kemenag Sulut Anwar Abubakar mengatakan bahwa penyuluh agama tersebut sudah diamankan di kantor kepolisian setempat.

“Saya sudah berkoordinasi dengan Kepala Kemenag Kabupaten Boltim. Mereka sudah melakukan klarifikasi dan konfirmasi terkait peristiwa KDRT tersebut kepada pihak istri dan dibenarkan," kata dia.

"Hari ini surat usulan pemberhentian dan pergantian penyuluh Agama Non PNS di sana sedang dikirim ke Kanwil,” terang Anwar Abubakar, saat dihubungi Tribunmanado.co.id, Jumat (12/11/2021).

“Kami akan segera proses pemberhentiannya, begitu usulan itu sampai,” sambungnya.

Menurut Anwar, berdasarkan hasil klarifikasi, peristiwa KDRT berupa penyiraman air panas yang dilakukan oleh pelaku kepada istrinya terjadi pada Jumat, 5 November 2021.

Dari situ, pelaku diduga melakukan perbuatan tercela dan terlibat tindakan melawan hukum sehingga bisa dikenakan sanksi pemberhentian.

“Sanksi pemberhentian ini diatur dalam Keputusan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Nomor DJ.III/432 tahun 2016 tentang Petunjuk Teknis Pengangkatan Penyuluh Agama Islam Non PNS pada BAB VI tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kembali pada ayat (1),” tegasnya.

Anwar berharap kasus yang menimpa AD bisa dijadikan bahan pelajaran bagi seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), baik PNS maupun Non PNS, agar tidak terulang.

“Jangan lakukan tindak kekerasan, termasuk KDRT. Ada sanksi tegas hingga pemberhentian,” tandasnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved