Breaking News:

Berita Sitaro

Melihat Perkembangan Perbaikan Kabel Fiber Optik Bawah Laut Sangihe

PT Len Telekomunikasi Indonesia (LTI) adalah badan usaha yang membangun dan mengelola jaringan tulang punggung serat optik palapa ring.

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Rizali Posumah
Istimewa.
Informasi visual dari PT LTI yang menerangkan kabel fiber optik yang putus telah berhasil diangkat ke atas kapal. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - PT Len Telekomunikasi Indonesia (LTI) terus melakukan upaya perbaikan kabel fiber optik bawah laut di Kepulauan Sangihe yang terputus akhir September lalu.

PT Len Telekomunikasi Indonesia (LTI) adalah badan usaha yang membangun dan mengelola jaringan tulang punggung serat optik palapa ring.

Terputusnya kabel fiber optik ini karena adanya patahan lempengan bumi arah Selatan Kepulauan Sangihe (Km 43) akibat gempa dan menyebabkan gangguan jaringan internet di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro).

Dari pelaksanaan operasi restorasi terencana, pihak PT LTI dikabarkan telah berhasil mengangkat kabel fiber optik yang terputus ke atas kapal.

"Kami baru mendapatkan informasi berupa visual foto yang menggambarkan telah berhasil ditemukan dan diangkatnya kabel fiber optik ke permukaan, tepatnya ke atas kapal," ungkap Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sitaro, Gandawari Mulalinda, Kamis (11/11/2021).

Dengan kondisi ini, sambung Mulalinda, maka proses pekerjaan perbaikan akan memasuki tahapan penyambungan dan pengaturan jaringan, sebelum dilakukan penurunan kabel dan OTDP.

"Sebagaimana penyampaian sebelumnya dari PT LTI, diperkirakan selesai pada 16 November 2021 mendatang. Hal ini tentunya semakin meyakinkan bahwa proses pekerjaan perbaikan jaringan internet di area Sitaro terus mengalami kemajuan," kata Mulalinda.

Atas perkembangan tersebut, pejabat lulusan STPDN Jatinangor ini berharap pemulihan layanan internet di Kabupaten Sitaro bisa secepatnya terealisasi.

"Kita doakan bersama semoga pekerjaan perbaikan ini berjalan lancar, sehingga harapan kita bersama untuk menikmati layanan internet secara normal bisa terwujud," ujar Mulalinda.

Untuk meningkatkan kualitas layanan internet di area Sitaro saat proses perbaikan sedang berlangsung, operator layanan internet yang beroperasi di area Sitaro, yakni Telkom dan Telkomsel berencana menambah kapasitas bandwidth internet.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved