Kemendikbudristek RI

Kemendikbudristek RI dan Kalbe Consumer Health Ajak Siswa SD se-Indonesia Lakukan Kampanye 3M ABC

Kemendikbudristek RI bersama Kalbe Consumer Health, melalui brand Sakatonik ABC meluncurkan Kampanye 3M ABC (Asupan nutrisi,Bergerak aktif dan Ceria)

Penulis: Fernando_Lumowa | Editor: Chintya Rantung
Dok. Kalbe Consumer Health
Kemendikbudristek RI dan Kalbe Consumer Health Ajak Siswa SD se-Indonesia Lakukan Kampanye 3M ABC- 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi RI bersama Kalbe Consumer Health, melalui brand Sakatonik ABC meluncurkan Kampanye 3M ABC (Asupan nutrisi, Bergerak aktif dan Ceria).

Program ini hadir dalam rangka mendukung penerapan protokol kesehatan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas tahun ajaran baru 2021/2022.

Kampanye ini bertujuan untuk mengedukasi siswa-siswi sekolah dasar di seluruh Indonesia mengenai pentingnya penerapan protokol kesehatan 3M dan gaya hidup sehat ABC dengan memenuhi asupan nutrisi.

Salah satunya melalui pemberian multivitamin, bergerak aktif dan ceria untuk lawan COVID-19. Kampanye 3M ABC mencakup program nasional dan program dukungan lainnya.

Pada program nasional, Kemendikbudristek bersama Kalbe Consumer Health didukung oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (PDSKO) membuat materi kampanye berupa video Gerakan Senam 3M ABC yang menyenangkan, mudah dilakukan dan diingat oleh anak-anak.

Program ini juga membagikan buku manual senam dan e-poster yang akan didistribusikan ke 149.000 SD di seluruh Indonesia, pelatihan kepada tenaga didik di bawah jejaring Kemendikbudristek, dan pemberian dukungan berupa multivitamin Sakatonik ABC kepada 100 sekolah dasar di Indonesia.

Direktur Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi RI, Sri Wahyuningsih mengatakan, Kemendikbudristek RI juga menganjurkan anak-anak untuk bergerak aktif di sekolah, salah satunya dengan melakukan Gerakan Senam 3M ABC.

Katanya, gerakan senam ini merupakan sarana edukasi yang menyenangkan bagi anak dalam memahami pentingnya 3M dan memenuhi asupan nutrisi, bergerak aktif dan ceria untuk lawan Covid-19.

"Kami merekomendasikan gerakan senam 3M ABC untuk dilaksanakan menyeluruh untuk siswa/i kelas 1- 6 sebelum pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dan juga dilaksanakan pada saat pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) secara klasikal," katanya dalam peluncuran program secara daring, Sabtu (06/11/2021).

Sri mengatakan, Kemendikburistek mengapresiasi Kalbe Consumer Health melalui brand Sakatonik ABC atas inisiasinya dalam menyusun Kampanye 3M ABC dengan gerakan senam, materi edukasi dan pelatihan.

"Semoga Kampanye 3M ABC ini memberikan manfaat yang besar bagi generasi muda penerus bangsa," jelasnya.

Ketua Umum Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (PDSKO), Dr Leny Pintowari, Sp.KO menerangkan, untuk tetap sehat dan bugar, anak-anak perlu rutin bergerak atau berolahraga setidaknya 60 menit setiap hari.

Dengan bergerak aktif, proses tumbuh kembang anak-anak menjadi lebih optimal, serta baik untuk perkembangan fisik, mental dan spiritual anak.

"Gerakan Senam 3M ABC disusun langsung oleh para Dokter Spesialis Kesehatan Olahraga dari PDSKO dengan memasukkan unsur pengingat prokes 3M dan gaya hidup sehat ABC Asupan nutrisi, Bergerak aktif, dan Ceria," katanya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
  • Berita Terkait :#Kemendikbudristek RI
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved