Breaking News:

Berita Bolsel

Dampak Aktivitas Tambang Ilegal di Tobayagan Bolsel Mulai Dirasakan Warga

Ketua pemuda Desa Tobayagan Iman Vandeim mengatakan, sudah setahun air sungai keruh akibat aktivitas PETI di Hulu Tobayagan.

Penulis: Indra Wahyudi Lapa | Editor: Rizali Posumah
tribunmanado.co.id/Indra Lapa
Dampak dari aktivitas Pertambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di Desa Tobayagan, Kecamatan Pinolosian Tengah. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Aktivitas Pertambangan Emas Tanpa Izin (PETI) alias ilegal di Desa Tobayagan, Kecamatan Pinolosian Tengah, Bolmong Selatan membuat masyarakat resah.

Pasalnya, akibat dari aktivitas pertambangan ilegal ini berdampak buruk kepada warga setempat.

Diantaranya sungai yang tak bisa digunakan, sawah tak bisa dipanen dan para nelayan susah mencari ikan di pinggiran pantai.

Ketua pemuda Desa Tobayagan Iman Vandeim mengatakan, sudah setahun air sungai keruh akibat aktivitas PETI di Hulu Tobayagan.

"Sebelum ada aktivitas tersebut, sungai ini terlihat jernih masyarakat yang ada disini itu banyak melakukan aktivasi di sungai ini, ada yang mencuci pakaian, dipakai mandi dan hewan ternak kalau minum disini tempatnya," ungkap dia kepada Tribunmanado.co.id, Rabu (3/11/2021) .

"Air sudah berubah warna, sudah bercampur lumpur. Hampir setahun ini tidak ada lagi aktivitas disungai ini," tambah Iman

Di tempat yang sama salah satu nelayan Sahari Podomi mengatakan, pengaruhnya bahkan pada ikan-ikan baik di Muara Sungai maupun pada Pinggiran Pantai.

"Sekarang ikan sudah tidak ada lagi, biasanya pada musim Ikan Teri dipinggiran pantai ini banyak sekali, bahkan kapal kapal tidak bisa menampungnya lagi,"

"Tapi sekarang sudah tak ada lagi, akibat lumpur yang ada ini, itu mempengaruhi ikan menjauh," ujar Sahari dengan ekspresi kekesalan sambil menunjukkan lumpur yang ada di sungai.

Ia menyampaikan, sebelumnya untuk kebutuhan sehari-hari masih mencukupi.

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved