Maulid Nabi

Penjelasan Buya Yahya Soal Anjuran Khusus untuk Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW

Dalam ceramah Buya Yahya, memperingati Maulid Nabi adalah bagian dari fitrah dan cintanya umat Islam kepada Baginda Rasulullah SAW.

Editor: Indry Panigoro
Youtube Al Bahjah TV
Ceramah Buya Yahya 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Menurut keterangan dari al-Maqrizy dalam kitabnya yang berjudul al Khathat, perayaan Maulid dimulai ketika zaman Daulah Fatimiyah syiah di Mesir.

Mereka membuat banyak acara perayaan Maulid, seperti Maulid Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, Maulid 'Ali bin Abi Thalib, maulid Fatimah binti 'Ali, hingga maulid Hasan bin 'Ali dan Husain bin 'Ali. Bani Fatimiyah ini berkuasa sekitar abad 4 H.

Hal inilah yang menyebabkan kalangan Ulama seperti Tajuddin al Fakihani dan as Sakhawi, murid Imam Nawawi, berfatwa bahwa perayaan Maulid adalah bid'ah tercela.

Maulid Nabi Muhammad kadang-kadang Maulid Nabi atau Maulud saja (Arab: مولد النبي‎, Mawlid an-Nabī), adalah peringatan hari lahir Nabi Muhammad , yang di Indonesia perayaannya jatuh pada setiap tanggal 12 Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriyah.

Kata maulid atau milad dalam bahasa Arab berarti hari lahir. 

Umat Islam akan menyambut hari kelahiran atau Maulid Nabi Muhammad SAW pada 12 Rabiul Awal. 

Maulid Nabi Muhammad SAW pada tahun 2021 jatuh pada Selasa tanggal 19 Oktober, bertepatan dengan 12 Rabiul Awal 1443 Hijriah.

Maulid Nabi sendiri dimaknai dari kata "Mawlid" yang artinya "melahirkan", artinya sebagai perayaan hari lahirnya Rasulullah SAW yang bersejarah bagi seluruh umat muslim.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW telah memberi pesan kepada kita, tentang pentingnya meneladani Rasulullah SAW, dalam sikap dan perilaku hidup.

Tak ada larangan untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

Namun adakah anjuran khusus memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW?

Dalam ceramah Buya Yahya, memperingati Maulid Nabi adalah bagian dari fitrah dan cintanya umat Islam kepada Baginda Rasulullah SAW.

“Kalau anjurannya setiap saat, kita harus membanggakan Nabi setiap saat,” kata Buya Yahya, dikutip dalam ceramahnya di Youtube Al-Bahjah TV.

Buya menambahkan, jika setiap saat kita dianjurkan untuk membanggakan kehadiran Nabi Muhammad SAW, maka ada satu semangat lebih pastinya di bulan kelahiran Nabi.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved