Breaking News:

Berita Sitaro

Gangguan Internet di Sitaro Hambat Penginputan Data Vaksinasi

Salah satu yang merasakan dampak gangguan jaringan internet ini adalah petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Sitaro.

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Rizali Posumah
Octavian Hermanses/Tribun manado
Ilustrasi penanganan Covid-19 di Kabupaten Kepulauan Sitaro. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Selang dua pekan ini, jaringan internet di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) mengalami gangguan.

Hal ini disebabkan adanya kabel Fiber Optik bawah laut di kilometer 43 wilayah Tahuna Kepulauan Sangihe yang putus sebagian akibat gempa bumi berkekuatan 5,2 Skala Richter pada 25 September 2021 lalu.

Kondisi ini berdampak signifikan terhadap beragam aktivitas pemerintah maupun masyarakat yang ada di Kabupaten Kepulauan Sitaro.

Salah satu yang merasakan dampak gangguan jaringan internet ini adalah petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Sitaro, khususnya mereka yang bertugas sebagai Tim Vaksinator program vaksinasi dalam rangka penanggulangan penyebaran Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sitaro, dr Semuel Raule mengatakan, akibat gangguan internet yang telah berlangsung selama dua pekan lebih ini, para petugas lapangan menemui kendala dalam menginput data sasaran penerima vaksin.

"Kami kesulitan dalam menginput data ke pusat karena kondisi jaringan internet yang mengalami gangguan saat ini," kata Raule, Rabu (13/10/2021).

Diterangkan, dari jumlah akumulatif penerima vaksin dosis satu dan dosis dua yang mencapai 45.651 sasaran, lebih dari 6.000 data belum berhasil diinput sebagai laporan ke Kementerian Kesehatan Republik Indonesia karena gangguan jaringan.

"Sehingga capaian vaksinasi kita yang terbaca di pusat melalui sistem yang ada masih rendah. Makanya pencatatan data sementara dilakukan secara manual," lanjut Raule.

Ia pun berharap, kondisi jaringan internet di Kabupaten Sitaro akan segera kembali normal, supaya proses penginputan data sasaran yang telah menerima suntikan vaksinasi bisa berjalan lancar.

"Tapi petugas kami tetap berupaya melakukan penginputan data pada jam-jam tertentu, ketika kondisi jaringan internet agak membaik," ujarnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved