Breaking News:

Berita Mitra

Legislator Minta Pemkab Mitra Seriusi Peningkatan Kapasitas BUMDes

“Ternyata BUMDes banyak kekurangan, baik yang sudah dipaparkan Inspektur Mitra terkait temuan, justru ada hal yang menurut kami sangat jelas."

Penulis: Kharisma Kurama | Editor: Rizali Posumah
Istimewa.
Turut hadir RDP Kepala Kecamatan se-Kabupaten Minahasa Tenggara. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) tuai sorotan serius Wakil Rakyat.

Itu karena kualitas para pengurus lembaga usaha milik desa tersebut yang dinilai kurang berkompenten.

Hal ini disampaikan Ketua Komisi Satu DPRD Minahasa Mitra Artly Kountur memimpin Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Inspektorat dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD).

Dalam kesempatan itu, ia menyarankan pentingnya peningkatan kapasitas dan kapabilitas pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

“Ternyata BUMDes banyak kekurangan, baik yang sudah dipaparkan Inspektur Mitra terkait temuan, justru ada hal yang menurut kami sangat jelas, yakni kapasitas dan kapabilitas pengurus,” ungkap Kountur.

Menurutnya, hal ini disebabkan adanya pergantian secara kontinue atau terus menerus yang dilakukan Hukum Tua (Kumtua)

“Kami dapati dalam satu tahun terjadi dua sampai tiga kali pergantian pengurus BUMDes,” jelasnya.

Belum lagi terkait hal lain di sisi kapasitas dan kapabilitas karena menurutnya aturan hanya mengacu pada tingkat pendidikan minimal SMA sederajat.

“Hal ini juga menjadi penyebab kemampuan pengurus BUMDes dalam hal manajemen atau pengelolaan keuangan sangat sulit. Karena mereka belum diberikan pembekalan berkaitan peningkatan kapasitas,” pungkas Artly Kountur.

Sebab itu, pihaknya merekomendasikan Dinas PMD dan Inspektorat agar di tahun 2021 ini, pengurus BUMDes harus ada peningkatan kapasitas.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved