Partai Golkar

Sosok 3 Kader Golkar Jadi Calon Wakil Ketua DPR RI, Pengganti Azis Syamsuddin

Sekjen Golkar Lodewijk F Paulus, Wakil Ketua Umum Partai Golkar Adies Kadir, dan Ketua Fraksi Partai Golkar DPR RI Kahar Muzakir.

Editor: Aldi Ponge
KOLASE TRIBUNMANADO/TRIBUNNEWS
Sekjen Golkar Lodewijk F Paulus, Wakil Ketua Umum Partai Golkar Adies Kadir, dan Ketua Fraksi Partai Golkar DPR RI Kahar Muzakir. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Sosok 3 nama yang jadi calon kuat Wakil Ketua DPR RI menggantikan Azis Syamsuddin.

Azis Syamsuddin harus diganti setelah mundur karena ditangkap KPK terkait kasus suap.

Partai Golkar memang baru akan mengumumkan nama pengganti Azis Syamsuddin pada Rabu (29/9/2021).

Nama pengganti akan diantar langsung Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto ke Ketua DPR RI Puan Maharani pada hari ini pukul 16.00 WIB.

Namun beredar tiga nama yang menjadi calok kuat yakni Sekjen Golkar Lodewijk F Paulus, Wakil Ketua Umum Partai Golkar Adies Kadir, dan Ketua Fraksi Partai Golkar DPR RI Kahar Muzakir.

Sebelumnya, pengganti Azis di Senayan akan diumumkan Partai Golkar pada, Selasa (28/9/2021) sore.

Namun batal, lantaran masih ada proses dan mekanisme yang perlu dilakukan oleh partai dan pihak DPR.

 "Masih ada proses dan mekanisme yang perlu dilakukan oleh partai dan pihak DPR. Sehingga nama kader partai Golkar yang akan mengisi kursi wakil ketua DPR akan disampaikan Rabu pukul 4 sore," kata Airlangga usai rapat pleno internal Golkar di Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta, Senin (27/9/2021).

Adapun terkait nama penggantinya akan langsung disampaikan kepada Ketua DPR RI Puan Maharani melalui surat secara resmi oleh Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto bersama dengan ketua fraksi.

Penggantian Azis dilakukan Golkar usai kader yang mulanya didapuk jadi Wakil Ketua DPR RI bidang politik dan keamanan itu justru tersandung kasus suap perkara kasus di Lampung Tengah.

Penyerahan surat tersebut akan langsung diberikan di Gedung DPR RI Jakarta.

Ketua Badan Advokasi Hukum dan HAM DPP Partai Golkar Supriansa saat dihubungi Tribunnews, Selasa (28/9/2021) mengakui nama pengganti Azis Syamsuddin akan diberikan langsung Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto kepada Ketua DPR RI Puan Maharani.

"Nama yang diusulkan itu besok diantar langsung Bapak Ketua Umum. Jadi saya kira besok saja namanya yang diusulkan karena ketua umum yang mengantar langsung dan diterima Ketua DPR RI," kata Supriansa.

Terkait sosok yang akan diajukan Golkar, Supriansa tak menampik bahwa nama-nama yang beredar berpeluang menjadi Wakil Ketua DPR.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved